Serangan Siber Lumpuhkan Vanuatu, Indonesia Dibawa-bawa

Jum'at, 18 November 2022 - 11:24 WIB
loading...
A A A


Tetapi Vanuatu memiliki sumber daya yang jauh lebih sedikit. Ekonominya sebagian besar bergantung pada pertanian dan pariwisata. Negara dataran rendah ini termasuk yang paling rentan terhadap perubahan iklim.

"Serangan itu merupakan beban tambahan pada sistem publik," ujar Keen.

Beberapa orang berspekulasi bahwa peretasan tersebut mungkin berasal dari Indonesia. Vanuatu telah lama mendukung gerakan kemerdekaan di provinsi Papua Barat, yang sebagian besar penduduknya adalah orang Melanesia. Militer Indonesia dituduh melakukan pelanggaran HAM berat di provinsi tersebut.



Yang lain mencatat posisi Vanuatu di kawasan Pasifik - sebagai negara kunci yang memiliki hubungan dengan Amerika Serikat (AS), China, Australia, dan Selandia Baru.

Tahun ini negara-negara Kepulauan Pasifik dirayu oleh Washington dan Beijing. Para pemimpin pulau diundang ke Gedung Putih pada bulan September, sementara Menteri Luar Negeri China melakukan tur keliling Pasifik pada bulan Juni untuk mencari kesepakatan regional.

Dalam beberapa tahun terakhir, Vanuatu telah menjadi salah satu pulau Pasifik yang paling dekat dengan Beijing. Investasi China telah membangun gedung parlemen, stadion olahraga, dan pusat konvensi. Beijing memiliki kedutaan besar di Port Vila, sementara perwakilan Washington berjarak tiga jam penerbangan di Papua Nugini.

Namun, Australia - bersekutu dengan AS - selama lebih dari empat dekade telah menjadi donor bantuan terbesar Vanuatu dan mitra keamanan terdekat.

Otoritas pulau berpopulasi sekitar 315.000 orang itu berjanji untuk meningkatkan sistem keamanannya. Sementara itu, Australia menawarkan tetangganya, yang secara tradisional merupakan mitra bantuan terbesarnya, untuk membantu membangun kembali jaringannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1398 seconds (0.1#10.140)