Sejumlah Negara Khawatir Aktivitas Peretasan China Ancam Keamanan Global

Rabu, 17 Juli 2024 - 09:30 WIB
loading...
Sejumlah Negara Khawatir...
Sejumlah negara khawatir aktivitas peretasan China ancam keamanan global. Foto/REUTERS
A A A
SYDNEY - Kengerian aktivitas peretasan China terus-menerus merampas ketenangan pikiran masyarakat dan banyak negara, termasuk Australia.

Australia menuduh firma keamanan siber yang didukung otoritas China telah mencuri kata sandi dan nama pengguna dari jaringan Australia yang tidak disebutkan namanya di tahun 2022.

Laporan dari Pusat Keamanan Siber Australia menyebutkan bahwa kelompok siber yang disponsori negara China sebelumnya telah menargetkan organisasi di berbagai negara, termasuk Australia dan Amerika Serikat (AS).

Dalam aktivitas di musim panas, laporan tersebut mengatakan kelompok APT40 telah berulang kali menargetkan jaringan Australia serta jaringan pemerintah dan sektor swasta di kawasan, dan ancaman yang ditimbulkannya terhadap jaringan di wilayah tersebut masih berlangsung.



"Praktik yang dijelaskan dalam laporan ini secara teratur berlangsung terhadap jaringan Australia," kata laporan Pusat Keamanan Siber Australia, seperti dikutip dari The Hong Kong Post, Rabu (17/7/2024).

APT40 memiliki kemampuan untuk dengan cepat mengubah dan mengadaptasi proof of concepts (POCs) dari kerentanan terbaru dan segera menggunakannya terhadap jaringan target yang memiliki infrastruktur kerentanan terkait.

Ini bukan satu-satunya kisah peretasan yang muncul dari China.

Baru-baru ini, Pusat Keamanan Siber Nasional Belanda (NCSC) menerbitkan laporan yang menyoroti kampanye spionase siber yang disponsori China, yang menginfeksi sedikitnya 20.000 perangkat FortiGate di seluruh dunia, termasuk yang digunakan pemerintah, korps diplomatik, dan industri pertahanan Barat.

"Sejak laporan tersebut diterbitkan pada Februari, Badan Intelijen dan Keamanan Militer Belanda (MIVD) telah melakukan penelitian tambahan terkait kampanye spionase siber China terkait. Penelitian ini mengungkapkan bahwa dengan mengeksploitasi kerentanan yang memengaruhi perangkat FortiGate, aktor negara memperoleh akses ke sedikitnya 20.000 perangkat FortiGate secara global dalam beberapa bulan pada 2022 dan 2023," bunyi pernyataan Pemerintah Belanda.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1183 seconds (0.1#10.140)