Setelah Bikin Gerah Biden, Arab Saudi Siap Sambut Xi Jinping

Selasa, 08 November 2022 - 09:36 WIB
loading...
A A A
Tujuan tersebut secara luas mencerminkan hasil pertemuan puncak antara China dan Dewan Kerjasama Teluk pada bulan September, yang secara khusus memperhatikan akses biji-bijian untuk negara-negara Arab yang terancam oleh hilangnya ekspor Ukraina pada khususnya.

Pengiriman tersebut sebagian telah dilanjutkan kembali, meskipun berhenti baru-baru ini ketika pasukan Kiev menggunakan koridor keselamatan yang ditetapkan untuk pengiriman biji-bijian untuk melancarkan serangan pesawat tak berawak ke kota Sevastopol di Rusia.

Perjalanan Xi akan dilakukan setelah kunjungannya ke Bali, Indonesia, untuk KTT G20 pekan depan, salah satu perjalanan pertamanya ke luar negeri sejak pandemi COVID-19 dimulai pada awal 2020.

Dia juga diharapkan menghadiri KTT Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik di Bangkok, Thailand, segera setelah itu.

Xi akan bertemu langsung dengan Presiden AS Joe Biden di salah satu dari dua acara tersebut.

Jonathan Fulton, asisten profesor ilmu politik di Universitas Zayed yang berbasis di Abu Dhabi dan seorang ahli dalam hubungan negara bagian China-Teluk, mengatakan Saudi tidak mencoba mempermainkan Washington dan Beijing satu sama lain, tetapi bereaksi terhadap kebijakan luar negeri "biner" Washington di mana suatu negara berada di pihak Amerika atau di pihak China-Rusia.

“Saudi tidak berusaha mempermainkan satu sama lain tetapi benar-benar berusaha memperdalam apa yang mereka dapatkan dari kedua belah pihak,” ujar dia.

Dia menjelaskan, “AS memiliki biner ini sekarang, di mana persaingan strategisnya: bekerja dengan kami atau bekerja dengan China. Tetapi sebagian besar aktor di Teluk tampaknya tidak melihatnya seperti itu.”

Meskipun telah menjadi sekutu setia sejak akhir Perang Dunia II, hubungan Washington dengan Riyadh mulai berkurang sejak Presiden AS Joe Biden menjabat pada Januari 2021.

Sebagai seorang kritikus keras Putra Mahkota Saudi Mohammad bin Salman (MBS), Biden bergerak membatasi penjualan senjata ofensif ke kerajaan dan menerbitkan dokumen CIA yang menuduhnya berada di balik pembunuhan 2018 Jamal Khashoggi, jurnalis pembangkang Turki-Saudi yang terhubung dengan Ikhwanul Muslimin. Riyadh dengan keras membantah tuduhan itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1669 seconds (0.1#10.140)