4 Kelompok Bersenjata yang Terlibat Pertempuran Rusia vs Ukraina

Kamis, 03 November 2022 - 18:15 WIB
loading...
A A A
Kadyrov mengumpulkan kurang lebih 10 ribu pasukan untuk ambil bagian. Diketahui, Kadyrov sendiri merupakan orang dekat sekaligus loyalis Putin.

Secara langsung, ia menyerukan dukungan atas invasi yang dijalankan Rusia. Kadyrov juga menyampaikan bahwa masyarakat Chechnya sudah banyak yang menderita akibat tindakan licik negara Barat.

Kadyrov melihat, Barat pernah membuat perjanjian untuk tidak menyebarluaskan pengaruhnya ke negara-negara di Eropa Timur. Namun, janji tersebut mereka langgar dan menyebabkan konflik yang luas.

3. Wagner Group

Wagner Group adalah tentara bayaran yang ditugaskan untuk membantu Rusia dalam invasi Ukraina.

Kelompok ini pernah pula membantu separatis pro Rusia untuk menggulingkan pasukan Ukraina pada tahun 2014. Kala itu, setidaknya ada seribu personel Wagner Group yang dikirim.

Pada minggu-minggu awal menjelang invasi Rusia ke Ukraina tahun 2022, tentara tersebut terlihat di Ukraina Timur dan bersiap untuk menyerang.

Wagner Group bisa berposisi sebagai alternatif mobilisasi yang lebih luas. Jumlah pasukan Wagner Group yang diturunkan hanya 7 ribu orang dari total 150 ribu hingga 200 ribu orang.

Dengan begitu, pasukan ini tidak akan mudah disalahkan jika operasi militer Rusia di Ukraina gagal.

4. Milisi Suriah
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1260 seconds (0.1#10.140)