Bertemu Raja Charles III, Rishi Sunak Bakal Dilantik Jadi PM Inggris

Selasa, 25 Oktober 2022 - 16:53 WIB
loading...
A A A


Sunak menjadi perdana menteri dalam keberuntungan yang luar biasa hanya beberapa minggu setelah ia kalah dari Truss dalam pemilihan Partai Konservatif untuk menggantikan mantan Perdana Menteri Boris Johnson. Anggota partai di musim panas memilih boosterisme pemotongan pajaknya daripada peringatannya bahwa inflasi harus dijinakkan.

Truss minggu lalu mengakui bahwa dia tidak dapat memenuhi rencananya - tetapi hanya setelah usahanya memicu kekacauan pasar dan memperburuk inflasi pada saat jutaan orang Inggris sudah berjuang dengan melonjaknya biaya pinjaman dan kenaikan harga energi dan pangan.

Partai Konservartif sekarang sangat membutuhkan seseorang untuk memperbaiki kapal setelah berbulan-bulan mengalami kekacauan di bawah Truss dan Johnson, yang berhenti pada Juli setelah terperosok dalam skandal etika.

Sunak terpilih sebagai pemimpin Partai Konservatif setelah menjadi satu-satunya kandidat yang lolos dari rintangan 100 nominasi dari sesama anggota parlemen untuk maju dalam pemilihan partai.

Sunak mengalahkan saingannya Penny Mordaunt, yang mungkin mendapatkan pekerjaan di pemerintahannya, dan Johnson yang digulingkan, yang kembali dari liburan Karibia guna menggalang dukungan untuk tawaran comeback tetapi gagal mendapatkan cukup dukungan untuk mencalonkan diri.


(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2205 seconds (0.1#10.140)