Rishi Sunak Jadi Perdana Menteri Inggris yang Baru

Senin, 24 Oktober 2022 - 20:52 WIB
loading...
Rishi Sunak Jadi Perdana Menteri Inggris yang Baru
Rishi Sunak akan menjadi perdana menteri (PM) Inggris yang baru pada Senin (24/10/2022). Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Rishi Sunak akan menjadi perdana menteri (PM) Inggris yang baru pada Senin (24/10/2022) setelah kandidat lain keluar dari pertarungan untuk memimpin Partai Konservatif.

Dia akan memiliki tugas mengarahkan negara yang sangat terpecah itu melalui penurunan ekonomi yang akan membuat jutaan orang lebih miskin.

Sunak merupakan salah satu politisi terkaya di Westminster. Dia akan diminta membentuk pemerintahan oleh Raja Inggris Charles, menggantikan Liz Truss yang hanya bertahan 44 hari dalam jabatannya.

Baca juga: Boris Johnson Mundur dari Perebutan Kursi PM Inggris, Rishi Sunak Unggul

Dia mengalahkan politisi sayap tengah Penny Mordaunt, yang gagal mendapatkan cukup dukungan dari anggota parlemen untuk memasuki pemungutan suara.

Adapun saingannya, mantan Perdana Menteri Boris Johnson, menarik diri dari kontes setelah mengaku tidak bisa lagi menyatukan partai.

“Keputusan ini merupakan keputusan bersejarah dan menunjukkan, sekali lagi, keragaman dan bakat partai kami. Rishi mendapat dukungan penuh saya,” ujar Mordaunt dalam pernyataan saat dia mengundurkan diri dari pertarungan hanya beberapa menit sebelum pemenang diumumkan.

Baca juga: Terobosan Besar, Iran akan Pasok Turbin Gas ke Rusia

Poundsterling dan harga obligasi pemerintah Inggris melonjak sebentar di tengah berita penarikan Mordaunt dari pencalonan, tetapi segera kembali ke level sebelumnya.

Sunak adalah mantan menteri keuangan berusia 42 tahun. Dia menjadi perdana menteri ketiga Inggris dalam waktu kurang dari dua bulan, yang bertugas memulihkan stabilitas negara yang terguncang akibat gejolak politik dan ekonomi selama bertahun-tahun.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1796 seconds (11.252#12.26)