Bertemu Raja Charles III, Rishi Sunak Bakal Dilantik Jadi PM Inggris

Selasa, 25 Oktober 2022 - 16:53 WIB
loading...
Bertemu Raja Charles III, Rishi Sunak Bakal Dilantik Jadi PM Inggris
Rishi Sunak akan dilantik menjadi PM Inggris saat bertemu dengan Raja Charles III. Foto/Express
A A A
LONDON - Rishi Sunak akan dilantik sebagai perdana menteri ketiga Inggris tahun ini oleh Raja Charles III pada Selasa (25/10/2022), sebelum menunjuk Kabinet yang harus bergulat dengan krisis ekonomi dan politik Inggris.

Sunak menjadi pemimpin kulit berwarna pertama di Inggris. Ia terpilih sebagai pemimpin Partai Konservatif yang berkuasa pada hari Senin yang akan mencoba menstabilkan ekonomi dan popularitasnya yang jatuh, setelah masa jabatan Liz Truss yang singkat.

Sunak, yang berusia 42 tahun, menjadi pemimpin Inggris termuda selama lebih dari 200 tahun. Ia harus mencoba menopang ekonomi yang meluncur menuju resesi dan terhuyung-huyung setelah eksperimen pendahulunya dalam ekonomi libertarian, di samping berusaha menyatukan partai yang mengalami demoralisasi dan terpecah yang tertinggal jauh di belakang oposisi dalam jajak pendapat.

Dikutip dari AP, prioritas utamanya adalah menunjuk menteri Kabinet, dan mempersiapkan pernyataan anggaran yang akan menetapkan bagaimana pemerintah berencana untuk menghasilkan miliaran pound untuk mengisi lubang fiskal yang diciptakan oleh melonjaknya inflasi serta ekonomi yang lesu, dan diperburuk oleh eksperimen ekonomi destabilisasi Truss.



Pernyataan itu, yang diatur untuk menampilkan kenaikan pajak dan pemotongan pengeluaran, saat ini akan dibuat di Parlemen pada hari Senin oleh kepala Departemen Keuangan Jeremy Hunt - jika Sunak mempertahankannya dalam pekerjaan itu.

Sunak, yang pernah menjabat sebagai Kepala Departemen Keuangan selama dua tahun hingga Juli, mengatakan pada Senin bahwa Inggris menghadapi tantangan ekonomi yang besar.

Selain menstabilkan ekonomi Inggris, Sunak harus mencoba menyatukan partai yang berkuasa yang telah jatuh ke dalam kepahitan karena peringkat jajak pendapatnya telah jatuh.

Anggota parlemen konservatif Victoria Atkins, sekutu Sunak, mengatakan partai itu akan "menetap" di bawah Sunak.

“Kita semua mengerti bahwa kita sekarang benar-benar harus mendukung Rishi – dan, dalam keadilan, itulah yang telah dilakukan partai,” katanya kepada stasiun radio LBC.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2504 seconds (0.1#10.140)