Israel Tegaskan Tidak akan Mempersenjatai Ukraina

Rabu, 19 Oktober 2022 - 15:46 WIB
loading...
A A A
Israel juga menolak permintaan dari Ukraina pada Senin untuk mengadakan panggilan telepon antara Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz dan Menhan Ukraina Alexey Reznikov.

Namun, Kiev tidak terpengaruh. Menteri Luar Negeri Ukraina Dmitry Kuleba mengatakan pada Selasa bahwa pemerintahnya akan mengirim catatan resmi ke Israel meminta senjata pertahanan udara.

Ukraina telah meminta Israel menyumbangkan sistem ini selama berbulan-bulan, dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan kepada wartawan Prancis bulan lalu bahwa dia “terkejut” dengan penolakan Negara Yahudi itu.

Zelensky menuduh bahwa pemerintah Israel berada di bawah “pengaruh Rusia.”

Meski Israel mengutuk operasi militer Rusia di Ukraina, rezim Zionis tergantung pada kontak diplomatik dengan Moskow, terutama karena jet tempur Israel sering melakukan serangan udara di Suriah, di mana Rusia mengendalikan wilayah udaranya.

Tak lama setelah pengumuman Kuleba, media Israel melaporkan Perdana Menteri Israel Yair Lapid akan berbicara dengan Menteri Luar Negeri Ukraina tentang permintaannya pada Kamis.

Namun, seorang pejabat keamanan senior mengatakan kepada situs berita Ynet bahwa percakapan itu kemungkinan tidak akan mengubah sikap Israel.

(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1905 seconds (0.1#10.140)