Israel Tegaskan Tidak akan Mempersenjatai Ukraina

Rabu, 19 Oktober 2022 - 15:46 WIB
loading...
Israel Tegaskan Tidak akan Mempersenjatai Ukraina
Menteri Kehakiman Israel Gideon Saar (tengah) berbicara dengan beberapa orang. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Menteri Kehakiman Israel Gideon Saar menyatakan Israel tidak akan mempersenjatai Ukraina, meskipun Menteri Urusan Diaspora Nachman Shai menyarankan sebaliknya.

Kiev telah berulang kali mendesak Israel mengirim senjata. Ukraina berniat mengajukan petisi ke Tel Aviv lagi dalam beberapa hari mendatang.

“Dukungan kami untuk Ukraina tidak termasuk sistem senjata dan persenjataan dan tidak ada perubahan pada posisi itu,” tegas Saar kepada penyiar Radio Tentara Israel pada Selasa (18/10/2022), dikutip Haaretz.

Shai mengumumkan pada Minggu bahwa, “Waktunya telah tiba bagi Ukraina untuk menerima bantuan militer dari Israel.



Dia mengklaim Iran memasok Rusia dengan rudal balistik. Iran menegaskan bahwa klaim ini “tidak berdasar,” dan Teheran tidak mempersenjatai kedua sisi konflik.

Pernyataan Shai memicu kemarahan di Moskow, dengan mantan Presiden Rusia Dmitry Medvedev memperingatkan bantuan militer Israel ke Ukraina akan “menghancurkan semua hubungan diplomatik” antara kedua negara.

Ini juga memicu gelombang penolakan di Yerusalem Barat, dengan sumber-sumber pemerintah Israel mengatakan kepada Times of Israel pada Senin bahwa Israel tidak berencana mempersenjatai Ukraina.

“Komentar Shai tidak mencerminkan kebijakan pemerintah,” ungkap sumber tersebut.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1370 seconds (0.1#10.140)