Xi Kirim Surat ke Jong-un Minta Perkuat Persatuan dan Kerja Sama

Minggu, 16 Oktober 2022 - 20:45 WIB
loading...
Xi Kirim Surat ke Jong-un Minta Perkuat Persatuan dan Kerja Sama
Xi Kirim Surat ke Jong-un Minta Perkuat Persatuan dan Kerja Sama. FOTO/Reuters
A A A
SEOUL - Presiden China Xi Jinping terus mengupayakan peningkatan hubungan antara negaranya dengan Korea Utara (Korut). Sebuah jalinan hubungan yang membuat Barat tak tenang.

Dalam sebuah surat kepada pemimpin Korut Kim Jong-un menjelang kongres bersejarah Partai Komunis China yang berkuasa, Xi Jinping mengatakan lebih penting dari sebelumnya bahwa Beijing dan Pyongyang meningkatkan komunikasi, persatuan dan kerja sama, KCNA melaporkan, Minggu (16/10/2022).



Surat itu sebagai tanggapan atas ucapan selamat yang dikirim Jong-un untuk kongres, yang dijadwalkan akan dimulai pada Minggu. Xi siap untuk memenangkan masa jabatan lima tahun ketiga sebagai Sekretaris Jenderal Partai Komunis yang berkuasa, posisi paling kuat di negara itu, di kongres.

“Xi menyatakan kesediaannya untuk memperkuat hubungan antara China dan Korut, serta memberikan kontribusi besar untuk menyediakan kebahagiaan yang lebih besar bagi kedua negara dan rakyatnya serta mempertahankan perdamaian dan stabilitas di kawasan dan seluruh dunia,” sebut laporan KCNA.

Pernyataan dukungan yang dilaporkan datang ketika Korut telah menguji sejumlah rudal balistik dan telah membuat persiapan untuk melanjutkan uji coba nuklir untuk pertama kalinya sejak 2017.



Korut mengatakan, kegiatan militer terbarunya, yang juga termasuk latihan artileri dan penerbangan dengan pesawat tempur, sebagai tanggapan atas unjuk kekuatan oleh Korsel dan Amerika Serikat, yang telah menggelar latihan militer mereka sendiri untuk memprotes uji coba yang dilakukan Korut.

Ketika ditanya pada hari Jumat tentang langkah terbaru Korut dan reaksi Korsel, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning meminta semua pihak untuk mencegah situasi meningkat dan bekerja untuk menciptakan kondisi untuk melanjutkan dialog.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1152 seconds (0.1#10.140)