Aktivitas Spionase China Meningkat di Eropa, Banyak Mata-mata Ditangkap

Selasa, 07 Mei 2024 - 09:58 WIB
loading...
Aktivitas Spionase China Meningkat di Eropa, Banyak Mata-mata Ditangkap
Dugaan aktivitas spionase China meningkat di Eropa. Banyak mata-mata telah ditangkap. Foto/BBC
A A A
BRUSSELS - Setelah Swedia baru-baru ini mengusir seorang jurnalis China dengan tuduhan mengancam keamanan nasional negara Nordik tersebut, Jerman dan Inggris mengumumkan penangkapan enam orang yang dicurigai sebagai mata-mata China pada akhir April 2024.

Dengan perkembangan tersebut, pertanyaan besar muncul di benak banyak orang: Apakah kapasitas intelijen China terus menguat dan Eropa dijadikan pusat utama kegiatan spionasenya?

Menurut Institute for Strategic Research, sebuah lembaga think tank militer yang berbasis di Paris, China memiliki jaringan organisasi yang luas, meliputi Kementerian Keamanan Publik (MPS) dan Kementerian Keamanan Negara (MSS) yang melakukan aktivitas mata-mata .

Mengutip dari The HK Post pada Selasa (7/5/2024), lembaga tersebut mengatakan bahwa cabang intelijen MPS mempekerjakan antara 80.000 dan 100.000 orang, sedangkan MSS sekitar 200.000 agen.



Namun, jumlah pasti agen yang dipekerjakan oleh kementerian-kementerian China ini bisa jadi sangat tinggi, kata Paul Charon, seorang spesialis isu China di Institute for Strategic Research yang dikutip oleh The Japan Times.

Pada 2020, investigasi yang dilakukan jurnalis Die Welt dan La Stampa, berdasarkan sumber dari European External Action Service (EEAS), mengungkap keberadaan jaringan luas agen intelijen China di Brussels.

Saat itu, terdapat 250 pejabat intelijen China di Brussels, menjadikan kota yang menjadi markas NATO dan beberapa lembaga Uni Eropa tersebut sebagai “ibu kota mata-mata” China, kata jurnalis Die Welt dan La Stampa dalam laporan mereka di Bloomberg.

Mereka yang telah mengamati dengan cermat aktivitas agen intelijen China mengatakan bahwa fokus utama mereka tetap pada perolehan informasi terkait keamanan dalam negeri, pembuatan kebijakan keamanan luar negeri dan nasional, penelitian ilmiah, dan teknologi.

Untuk mencapai maksud dan tujuannya, mata-mata China ini, menurut para ahli, menggunakan berbagai metode yang meliputi kecerdasan manusia, skema honey trap, kompromat, intelijen sinyal, dan kooptasi komunitas dan asosiasi diaspora etnis China.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0948 seconds (0.1#10.140)