Usai Najib Razak Dijebloskan ke Penjara, Giliran Istrinya Divonis

Kamis, 01 September 2022 - 12:19 WIB
loading...
A A A
Seorang jaksa mengatakan kepada Reuters bahwa Pengadilan Tinggi kemungkinan akan mendengarkan permohonan sebelum memberikan putusannya.

Rosmah juga menghadapi 17 dakwaan pencucian uang dan penghindaran pajak karena menerima RM7,1 juta secara ilegal antara 2013 hingga 2017 dalam kasus terpisah. Persidangan itu belum dimulai sambil menunggu upaya Rosmah untuk menolak hakim ketua.

Kekalahan Najib dalam pemilu terjadi di tengah kemarahan publik atas skandal 1MDB, yang menjadi subjek penyelidikan korupsi dan pencucian uang di setidaknya enam negara.

Departemen Kehakiman AS menuduh bahwa USD4,5 miliar dicuri dari 1MDB, sekitar USD1 miliar di antaranya masuk ke rekening bank pribadi Najib.

Beberapa dana yang dicuri dari 1MDB digunakan untuk membeli perhiasan, termasuk kalung berlian merah muda langka senilai USD27 juta untuk Rosmah, menurut tuntutan hukum AS.

Najib dan Rosmah mengaku tidak pernah menuntut, meminta, atau berniat membeli kalung itu.

Polisi Malaysia pada 2018 menyita sekitar USD275 juta uang tunai serta perhiasan, tas tangan, jam tangan, dan barang-barang mewah lainnya dalam penggerebekan di rumah-rumah yang terkait dengan pasangan itu.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1717 seconds (0.1#10.140)