Turki Tuding Prancis Gagal Sadari Masa Lalunya sebagai Penjajah

Senin, 29 Agustus 2022 - 15:46 WIB
loading...
Turki Tuding Prancis Gagal Sadari Masa Lalunya sebagai Penjajah
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Prancis Emmanuel Macron. Foto/REUTERS
A A A
ANKARA - Pernyataan yang dibuat Presiden Prancis Emmanuel Macron pekan lalu selama kunjungan ke Aljazair menunjukkan tidak hanya fakta Prancis tampaknya gagal menghadapi masa lalu kolonialnya sendiri tetapi juga "mentalitasnya yang terdistorsi."

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Turki mengungkapkan hal itu pada akhir pekan lalu. Reaksi marah Turki itu dipicu Macron yang menuduh Turki menyebarkan “propaganda anti-Prancis” di Afrika.

Macron mengklaim Turki bersama Rusia dan China sedang membangun “jaringan aktivis” tertentu yang diduga mengejar agenda “neo-kolonialis” dan “imperialis” sambil menyebarkan “propaganda anti-Prancis” dan menggambarkan Paris sebagai “musuh” Afrika.

Kemlu Turki menyebut tuduhan Macron “sangat disayangkan” dan “tidak dapat diterima.”



Kemlu Turki menambahkan, “Presiden Prancis tampaknya memiliki kesulitan dalam menghadapi masa lalu kolonialnya di Afrika, terutama di Aljazair.”

“Prancis berusaha menangani masalah ini dengan menuduh negara lain melakukan kegiatan jahat,” ungkap pernyataan Kemlu turki.

"Jika Prancis menduga ada reaksi menentangnya di benua Afrika, mereka harus mencari sumber reaksi ini di masa lalu kolonialnya dan upayanya untuk tetap mengejar ini dengan metode yang berbeda," papar pernyataan Kemlu Turki.



Menurut Kemlu Turki, setiap upaya menjelaskan sentimen anti-Prancis di Afrika oleh beberapa "kegiatan negara ketiga" tidak lain adalah penyangkalan sejarah yang hanya menunjukkan "mentalitas terdistorsi dari beberapa politisi."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1143 seconds (0.1#10.140)