Adik Kim Jong-un Marah pada Presiden Korsel soal Barter Nuklir: Tutup Mulutmu!

Jum'at, 19 Agustus 2022 - 11:46 WIB
loading...
Adik Kim Jong-un Marah pada Presiden Korsel soal Barter Nuklir: Tutup Mulutmu!
Kim Yo-jong, adik pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, marah pada Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol yang tawarkan barter senjata nuklir dengan bantuan ekonomi. Foto/REUTERS
A A A
PYONGYANG - Kim Yo-jong, adik pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un , blakblakan menolak tawaran Korea Selatan (Korsel) untuk barter senjata nuklir dengan bantuan ekonomi.

Tawaran barter itu disampaikan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol, yang dianggap Korut sebagai "rencana yang berani".

Kim Yo-jong, perempuan terkuat Korea Utara, tak hanya menolak tapi juga meluapkan kemarahannya dengan meminta Presiden Yoon Suk-yeol menutup mulutnya.

Yoon mengulangi tawaran itu pada hari Rabu dalam konferensi pers untuk menandai 100 hari berkuasa.

"Akan lebih menguntungkan untuk citranya jika menutup mulutnya!" kata Kim Yo-jong dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh kantor berita negara Korut, KCNA,Jumat (19/8/2022).



Dia menyebut Yoon sangat sepele dan masih kekanak-kanakan untuk berpikir bahwa dia dapat memperdagangkan kerja sama ekonomi untuk kehormatan dan senjata nuklir Korea Utara.

“Tidak ada yang menukar takdirnya dengan kue jagung,” ujar adik Kim Jong-un tersebut.

Para ahli mengatakan rencana ekonomi Yoon menggemakan proposal presiden Korea Selatan sebelumnya, Moon Jae-in. Menurut mereka, ada sedikit kemungkinan Pyongyang akan menerima proposal semacam itu.

Menteri Unifikasi Korea Selatan Kwon Young-se menyatakan "penyesalan mendalam" di Parlemen atas komentar Kim Yo-jong, menggambarkan kritiknya terhadap Presiden Yoon sebagai "sangat tidak sopan dan tidak senonoh".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1550 seconds (0.1#10.140)