Perang Rusia-Ukraina Masuki Hari Ke-155, Siapa yang Menang Sejauh Ini?

Kamis, 28 Juli 2022 - 20:32 WIB
loading...
A A A
Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov baru-baru ini menyatakan Rusia berencana untuk mengamankan lebih banyak wilayah daripada yang semula dimaksudkan mengingat Barat memasok sistem roket jarak jauh ke Ukraina.

Tetapi Rusia sudah menguasai wilayah baru yang cukup untuk dibanggakan, dan dapat memberikan sedikit landasan di selatan dan masih mengeklaim keberhasilan.

Klaim Keberhasilan Ukraina

Bagi Zelenskyy, pertahanan Ukraina atas Kiev pada awal perang adalah kemenangan gemilang.

Pendudukan kembali wilayah penting Ukraina secara signifikan meningkatkan moral Ukraina. Ketakutan Barat akan keruntuhan Ukraina terbukti tidak berdasar.

Namun, pasukan Rusia yang dikerahkan kembali dari daerah-daerah itu telah menghasilkan peningkatan kekuatan dan keberhasilan di timur.

Ukraina menahan pasukan Rusia di Mariupol di Laut Hitam untuk beberapa waktu, tetapi kota itu masih jatuh ke tangan pasukan Moskow. Begitu juga Lysychansk di Donbas.

Setelah kegagalan di dekat Kiev, Rusia dengan cepat mulai memainkan kekuatannya, termasuk dalam artileri.

Kerugian Rusia tentu menurun secara signifikan sejak minggu-minggu pertama perang. Sedangkan kerugian Ukraina meningkat.

Meskipun Zelensky mengatakan kerugian Ukraina sekitar 30 tentara per hari tewas dan 250 terluka, jika Ukraina mulai kehilangan 200 tentara per hari, seperti yang terjadi baru-baru ini, kerugian tersebut tidak akan berkelanjutan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1058 seconds (0.1#10.140)