Perang Rusia-Ukraina Masuki Hari Ke-155, Siapa yang Menang Sejauh Ini?

Kamis, 28 Juli 2022 - 20:32 WIB
loading...
Perang Rusia-Ukraina Masuki Hari Ke-155, Siapa yang Menang Sejauh Ini?
Perang Rusia-Ukraina memasuki hari ke-155 pada Kamis (28/7/2022). Kedua pihak sama-sama mengeklaim unggul. Foto/Kementerian Pertahanan Rusia
A A A
KIEV - Perang Moskow dan Kiev berlarut-larut dan telah memasuki hari ke-155 pada Kamis (28/7/2022. Baik Presiden Rusia Vladimir Putin maupun Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa ini akan berjalan sesuai keinginan mereka.

Kedua belah pihak secara lahiriah yakin meraih kesuksesan tertinggi, tetapi apa artinya itu? Dan seberapa besar kemungkinan hasil seperti itu?

Putin akhir-akhir ini berhati-hati untuk tidak meningkatkan harapan tentang hasil perang di Ukraina—yang oleh Rusia disebut sebagai "operasi militer khusus”. Sedangkan Zelensky dan pemerintahnya berekspektasi bahwa tujuan mereka adalah untuk membebaskan semua wilayah Ukraina yang direbut oleh Rusia—termasuk Crimea, yang dianeksasi oleh Rusia pada tahun 2014.

Invasi Putin berdalih untuk demiliterisasi dan de-Nazi-fikasi Ukraina, yang secara tegas ditepis Kiev.



Namun tidak jadi bergabung dengan NATO seperti yang dikhawatirkan Rusia sebelumnya, tetapi masih bercita-cita untuk menjadi anggota Uni Eropa.

Terlepas dari semua itu, fakta bahwa Ukraina akan tetap dipersenjatai dengan berat oleh negara-negara Barat—mungkin sampai perang berakhir.

Keuntungan Rusia

Meskipun dilaporkan mengalami kemunduran awal karena gagal merebut Ibu Kota Ukraina, Kiev, pasukan Rusia perlahan-lahan mengambil kendali atas wilayah Donbas di Ukraina timur. Saat ini, pasukan Moskow masih menguasai petak besar wilayah yang menghubungkan Crimea dengan wilayah Rusia timur.

Kegagalan Rusia untuk merebut Kiev mungkin merupakan hal yang memalukan, tetapi Putin selalu dapat berargumen bahwa tujuan utama invasi adalah untuk mengamankan kemerdekaan republik Donetsk dan Luhansk, dua wilayah yang memisahkan diri dari Ukraina.

Putin mengatakan pada awal invasi tidak ada niat untuk menduduki seluruh Ukraina. Itu berarti dia akan dapat menampilkan wilayah apa pun yang diperoleh selain mengamankan Donetsk dan Luhansk sebagai kemenangan.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov baru-baru ini menyatakan Rusia berencana untuk mengamankan lebih banyak wilayah daripada yang semula dimaksudkan mengingat Barat memasok sistem roket jarak jauh ke Ukraina.

Tetapi Rusia sudah menguasai wilayah baru yang cukup untuk dibanggakan, dan dapat memberikan sedikit landasan di selatan dan masih mengeklaim keberhasilan.

Klaim Keberhasilan Ukraina

Bagi Zelenskyy, pertahanan Ukraina atas Kiev pada awal perang adalah kemenangan gemilang.

Pendudukan kembali wilayah penting Ukraina secara signifikan meningkatkan moral Ukraina. Ketakutan Barat akan keruntuhan Ukraina terbukti tidak berdasar.

Namun, pasukan Rusia yang dikerahkan kembali dari daerah-daerah itu telah menghasilkan peningkatan kekuatan dan keberhasilan di timur.

Ukraina menahan pasukan Rusia di Mariupol di Laut Hitam untuk beberapa waktu, tetapi kota itu masih jatuh ke tangan pasukan Moskow. Begitu juga Lysychansk di Donbas.

Setelah kegagalan di dekat Kiev, Rusia dengan cepat mulai memainkan kekuatannya, termasuk dalam artileri.

Kerugian Rusia tentu menurun secara signifikan sejak minggu-minggu pertama perang. Sedangkan kerugian Ukraina meningkat.

Meskipun Zelensky mengatakan kerugian Ukraina sekitar 30 tentara per hari tewas dan 250 terluka, jika Ukraina mulai kehilangan 200 tentara per hari, seperti yang terjadi baru-baru ini, kerugian tersebut tidak akan berkelanjutan.

Menurutanalisis The Conservation, pasukan Ukraina tidak diragukan lagi akan menderita kerugian yang lebih signifikan karena mereka memulai operasi ofensif mereka sendiri yang bertujuan untuk merebut kembali Ukraina selatan.

Banyak ahli mengeklaim perang darat akan menguntungkan Ukraina, tetapi bukti masih menunjukkan sebaliknya.

Selama satu dekade terakhir, pasukan Ukraina tumbuh secara signifikan menjadi sekitar 200.000 tentara reguler. Pada Juli 2022, pemerintah Ukraina mengatakan memiliki lebih dari 700.000 tentara. Banyak dari pasukan ini belum sepenuhnya terlatih, dan hal itu
membutuhkan waktu.

Dalam jangka panjang, Ukraina masih memiliki populasi yang jauh lebih kecil daripada Rusia.

Kerugian Rusia juga telah berat. Pada akhir Maret, pemerintah Rusia mengakui hilangnya 1.351 tentara yang tewas dalam perang hingga saat ini. CIA memperkirakan 15.000 tentara Rusia telah tewas sejak awal invasi.

Sejauh ini Rusia belum memperbarui datanya dan telah mencoba untuk mencegah wajib militer dari keterlibatan dalam pertempuran. Namun, mereka baru-baru ini berusaha untuk meningkatkan jumlah sukarelawan untuk perang.

Rusia kemungkinan memiliki 800.000 tentara berseragam untuk dilibatkan dalam pertempuran.

Dukungan Barat untuk Ukraina

Rusia mungkin memiliki keuntungan dari populasi yang lebih besar, tentara dan persediaan senjata dan amunisi yang cukup besar, tetapi Ukraina mendapat dukungan Barat.

Senjata Barat terus berdatangan ke Ukraina, di mana sistem artileri jarak jauh memainkan peran penting di medan perang.

Para pemimpin Barat tentu saja telah sepakat dalam menyatakan komitmen jangka panjang mereka ke Ukraina baik dalam hal penyediaan peralatan militer dan mempertahankan sanksi terhadap Rusia.

Apakah komitmen tersebut akan bertahan dalam jangka panjang masih harus dilihat.

Dalam jangka pendek hingga menengah, sanksi mungkin merusak ekonomi Barat dan berkembang sama besarnya dengan Rusia, dan tidak diragukan lagi berkontribusi pada harga pangan yang tinggi dan inflasi di seluruh dunia.

Pendukung dan Oposisi Domestik

Baik Putin maupun Zelensky menghadapi penentangan terhadap upaya perang mereka di dalam negeri.

Sebelum invasi, pemerintah Zelensky memperkenalkan undang-undang untuk menolak penggunaan bahasa Rusia dalam kehidupan publik dengan memperkuat persyaratan untuk bahasa Ukraina.

Setelah invasi, pemerintah Ukraina melarang sejumlah partai oposisi, meskipun hanya beberapa yang memiliki hubungan yang jelas dengan Rusia.

Pemerintah juga menghapus simbol budaya Rusia di Ukraina. Kebijakan seperti itu mungkin berjalan dengan baik di Ukraina barat, tetapi belum tentu di timur.

Pemecatan Zelensky baru-baru ini terhadap kepala intelijen dan jaksa agungnya menyoroti fakta bahwa tidak semua orang Ukraina setia kepada Kiev.

Sejumlah besar penutur bahasa Rusia di Ukraina timur dituduh berkolaborasi dengan Rusia, tuduhan yang kemungkinan memicu kebencian di sana.

Di Rusia, sementara itu, masih ada penentangan terhadap perang meskipun ada tindakan keras. Berita suram tentang meningkatnya jumlah korban tewas Rusia hanya dapat ditekan sebagian.

Meskipun di Rusia, sanksi pasti menggigit, ekonomi tetap lebih kuat dari yang diperkirakan banyak pengamat Barat.

Baik Putin maupun Zelensky secara lahiriah optimis tentang prospek kemenangan mereka, tetapi keduanya menghadapi tantangan yang semakin meningkat jika perang berlangsung selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Dalam hal tujuan yang dinyatakan, semacam kemenangan Rusia—meskipun mahal—tentu jauh lebih dekat daripada jenis kemenangan yang menjadi harapan Zelensky.

Satu hal yang pasti: ribuan lagi akan terbunuh atau terluka dalam apa yang telah menjadi perang berdarah lainnya di bekas wilayah Soviet sejak runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0819 seconds (0.1#10.140)