Agama Warga Negara Vietnam dan Persentasenya

Kamis, 07 Juli 2022 - 16:42 WIB
loading...
Agama Warga Negara Vietnam dan Persentasenya
Cao Dai adalah salah satu agama yang dianut oleh warga Vietnam. Foto/Places Happen
A A A
JAKARTA - Vietnam merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang bertetangga dengan Indonesia . Negara ini mempunyai kebudayaan serta warisan yang beragam. Salah satu aspek yang masih berhubungan dengan budaya Vietnam adalah agamanya. Sebagai negara komunis, Vietnam merupakan negara ateis. Namun, terdapat beberapa agama yang dianut warga negaranya. Berdasarkan laporan International Religious Freedom: Vietnam dari Pemerintah Amerika Serikat di tahun 2021, berikut agama warga negara Vietnam dan persentasenya.

1. Katolik

Agama Katolik memiliki jumlah pemeluk terbesar di Vietnam. Terdapat enam juta penganut Katolik, atau sebanyak 6% dari populasi Vietnam. Konsentrasi tertinggi pemeluk Katolik berada di Vietnam tengah, yakni di Provinsi Nghe An, Ha Tinh, dan Quang Binh.

2. Buddha

Komunitas Buddha yang diakui oleh pemerintah Vietnam dan terdaftar secara resmi adalah Sangha Buddha Vietnam (VBS). Dalam catatan VBS, terdapat lima juta pemeluk agama Buddha atau 5% dari keseluruhan populasi Vietnam.



3. Protestan

Protestan memiliki hampir satu juta pengikut di Vietnam. Jumlah ini merupakan 1% dari keseluruhan populasi Vietnam. Sebanyak dua pertiganya adalah kelompok etnis minoritas, termasuk yang berada di dataran tinggi tengah dan barat laut.

4. Hoa Hao

Agama Hòa Hảo merupakan salah satu ajaran agama yang mengambil dasar-dasar agama Buddha. Di Vietnam sendiri, 2% penduduknya memeluk agama Hòa Hảo. Hal tersebut berdasarkan statistik dari Government Committee on Religious Affairs (GCRA) pada Januari 2018, dimuat dalam laporan yang sama.

5. Cao Dai

Ajaran Cao Dai merupakan gabungan dari prinsip Buddhisme, Taoisme, Kristen, dan Konfusianisme. Masih berdasarkan statistik dari Government Committee on Religious Affairs (GCRA) pada Januari 2018, sebanyak 1% penduduk Vietnam menganut agama ini.



6. Lainnya

Sejumlah agama memiliki pemeluk dalam jumlah yang lebih sedikit, dengan persentase kurang dari 0,16% dari populasi Vietnam. Terdapat agama Hindu yang diperkirakan memiliki 70.000 penganut, Muslim dengan 80.000 pengikut. Terdapat pula penganut Yahudi yang tinggal di Hanoi dan Ho Chi Minh City. Kemudian, terdapat juga kelompok agama minoritas yang berasal dari negara Vietnam seperti Buu Son Ky Huong, Tu An Hieu Nghia, Minh Su Dao, Minh Ly Dao, Tinh Do Cu Si Phat Hoi, dan Phat Giao Hieu Nghia Ta Lon yang berjumlah 0,34% dari populasi.

7. Tidak Teridentifikasi

Mayoritas penduduk Vietnam memilih untuk tidak berafiliasi dengan agama. Penduduk Vietnam yang tidak teridentifikasi ini masih memilih untuk mempraktikkan animisme (pemujaan terhadap leluhur) yang tidak terdaftar secara resmi.

Menurut pengamat, pemeluk agama di Vietnam banyak yang memilih untuk tidak mempublikasikan agamanya karena takut akan hal-hal yang membahayakan mereka. Inilah yang menjadi alasan mengapa mayoritas penduduk Vietnam tidak mempublikasikan agamanya secara resmi.



(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1648 seconds (0.1#10.140)