Kapal Perang China dan Rusia Berkeliaran di Selatan Tokyo, Jepang Waspada

Minggu, 19 Juni 2022 - 07:42 WIB
loading...
A A A
Ketegangan antara Jepang dan Rusia baru-baru ini meningkat ketika pada akhir April Rusia memperingatkan potensi pembalasan jika kapal Jepang dan Amerika Serikat (AS) terus menjalankan latihan angkatan laut di dekat perairan Rusia.

Pernyataan itu, yang dibuat oleh Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Igor Morgulov, muncul sebagai tanggapan atas laporan bahwa Korps Marinir AS berencana untuk menjalankan latihan terbesarnya dengan Jepang pada bulan September dan Oktober, yang dikenal sebagai "Resolute Dragon," dengan lebih dari 4.000 anggota militer berpotensi ikut ambil bagian.

"Kami melihat tindakan seperti itu oleh pihak Jepang sebagai ancaman bagi keamanan negara kami," kata Morgulov kepada kantor berita milik negara RIA Novosti.

“Kami secara langsung memperingatkan Tokyo tentang hal ini melalui saluran diplomatik. Mereka harus siap dengan kenyataan bahwa jika praktik semacam itu berkembang, Rusia akan mengambil tindakan pembalasan demi memperkuat kemampuan pertahanannya,” imbuhnya.

Jepang dan AS, sebelum pernyataan dari Rusia ini, telah mengadakan sekitar 10 latihan angkatan laut bersama setelah invasi Moskow ke Ukraina.



(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1957 seconds (0.1#10.140)