AS Menang Kasus Penyitaan Superyacht Rusia di Fiji, Langsung Dibawa Berlayar

Rabu, 08 Juni 2022 - 11:34 WIB
loading...
A A A
"Fakta bahwa pihak berwenang AS telah berjanji membayar biaya yang dikeluarkan pemerintah Fiji sama sekali tidak relevan," ungkap hakim itu.

Dia mengatakan, “Amadea berlayar ke perairan Fiji tanpa izin dan kemungkinan besar untuk menghindari penuntutan oleh Amerika Serikat.”

AS memindahkan kapal mewah itu dalam satu atau dua jam setelah keputusan pengadilan, mungkin untuk memastikan kapal pesiar itu tidak terjerat dalam tindakan hukum lebih lanjut.

Juru bicara Departemen Kehakiman AS Anthony Coley mengatakan di Twitter bahwa superyacht itu telah berlayar ke AS di bawah bendera baru.

Dia menjelaskan, “Pihak berwenang Amerika berterima kasih kepada polisi dan jaksa di Fiji yang ketekunan dan dedikasinya terhadap supremasi hukum memungkinkan tindakan ini.”

Pada awal Mei, Departemen Kehakiman mengeluarkan pernyataan yang mengatakan Amadea telah disita di Fiji, tetapi ternyata masih terlalu dini setelah pengacara mengajukan banding.

Tidak segera jelas ke mana AS akan membawa Amadea, yang dikaitkan FBI dengan oligarki Rusia Suleiman Kerimov.

Direktur Penuntutan Umum Fiji Christopher Pryde mengatakan pertanyaan yang belum terselesaikan tentang pencucian uang dan kepemilikan Amadea perlu diputuskan di AS.

“Keputusan tersebut mengakui komitmen Fiji untuk menghormati permintaan bantuan timbal balik internasional dan kewajiban internasional Fiji,” papar Pryde.

Dalam dokumen pengadilan, FBI mengaitkan Amadea dengan keluarga Kerimov melalui dugaan penggunaan nama kode saat berada di kapal dan pembelian barang-barang seperti oven pizza dan tempat tidur spa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1982 seconds (0.1#10.140)