AS Menang Kasus Penyitaan Superyacht Rusia di Fiji, Langsung Dibawa Berlayar

Rabu, 08 Juni 2022 - 11:34 WIB
loading...
AS Menang Kasus Penyitaan Superyacht Rusia di Fiji, Langsung Dibawa Berlayar
Kapal superyacht Amadea berlabuh di Queens Wharf, Lautoka, Fiji, 3 Mei 2022. Foto/REUTERS
A A A
SUVA - Amerika Serikat (AS) memenangkan pertempuran hukum pada Selasa (7/6/2022) untuk merebut superyacht milik miliarder Rusia di Fiji.

Otoritas AS tidak membuang waktu untuk mengambil alih komando kapal senilai USD325 juta dan berlayar menjauh dari negara Pasifik Selatan itu.

Putusan pengadilan Fiji mewakili kemenangan signifikan bagi AS karena menghadapi hambatan dalam upayanya merebut aset para oligarki Rusia di seluruh dunia.



Sementara upaya tersebut disambut banyak orang yang menentang perang di Ukraina, beberapa tindakan itu telah menguji batas yurisdiksi Amerika di luar negeri.



Di Fiji, Mahkamah Agung (MA) negara itu mencabut perintah tinggal yang telah mencegah AS merebut superyacht Amadea.



Ketua Hakim Kamal Kumar memutuskan berdasarkan bukti, kemungkinan pengacara pembela mengajukan banding yang akan didengar oleh pengadilan tinggi adalah “nihil hingga sangat tipis.”

Kumar mengatakan dia menerima argumen bahwa menjaga kapal superyacht berlabuh di Fiji di pelabuhan Lautoka adalah “sangat merugikan pemerintah Fiji.”

"Fakta bahwa pihak berwenang AS telah berjanji membayar biaya yang dikeluarkan pemerintah Fiji sama sekali tidak relevan," ungkap hakim itu.

Dia mengatakan, “Amadea berlayar ke perairan Fiji tanpa izin dan kemungkinan besar untuk menghindari penuntutan oleh Amerika Serikat.”

AS memindahkan kapal mewah itu dalam satu atau dua jam setelah keputusan pengadilan, mungkin untuk memastikan kapal pesiar itu tidak terjerat dalam tindakan hukum lebih lanjut.

Juru bicara Departemen Kehakiman AS Anthony Coley mengatakan di Twitter bahwa superyacht itu telah berlayar ke AS di bawah bendera baru.

Dia menjelaskan, “Pihak berwenang Amerika berterima kasih kepada polisi dan jaksa di Fiji yang ketekunan dan dedikasinya terhadap supremasi hukum memungkinkan tindakan ini.”

Pada awal Mei, Departemen Kehakiman mengeluarkan pernyataan yang mengatakan Amadea telah disita di Fiji, tetapi ternyata masih terlalu dini setelah pengacara mengajukan banding.

Tidak segera jelas ke mana AS akan membawa Amadea, yang dikaitkan FBI dengan oligarki Rusia Suleiman Kerimov.

Direktur Penuntutan Umum Fiji Christopher Pryde mengatakan pertanyaan yang belum terselesaikan tentang pencucian uang dan kepemilikan Amadea perlu diputuskan di AS.

“Keputusan tersebut mengakui komitmen Fiji untuk menghormati permintaan bantuan timbal balik internasional dan kewajiban internasional Fiji,” papar Pryde.

Dalam dokumen pengadilan, FBI mengaitkan Amadea dengan keluarga Kerimov melalui dugaan penggunaan nama kode saat berada di kapal dan pembelian barang-barang seperti oven pizza dan tempat tidur spa.

Kapal yang menjadi incaran Satgas KleptoCapture, diluncurkan pada Maret lalu untuk menyita aset oligarki Rusia guna menekan Rusia agar mengakhiri perang.

Kapal sepanjang 106 meter, kira-kira sepanjang lapangan sepak bola, memiliki tangki lobster hidup, piano yang dilukis dengan tangan, kolam renang, dan helipad besar.

Pengacara Feizal Haniff yang mewakili pemilik Millemarin Investments, berpendapat pemiliknya adalah orang kaya Rusia lainnya yang tidak seperti Kerimov, tidak menghadapi sanksi.

AS mengakui dokumen tampaknya menunjukkan Eduard Khudainatov adalah pemiliknya.

Namun AS mengatakan dia juga pemilik superyacht kedua dan bahkan lebih besar, Scheherazade, yang telah dikaitkan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

AS mempertanyakan apakah Khudainatov benar-benar mampu membeli dua superyacht senilai total lebih dari USD1 miliar.

“Fakta bahwa Khudainatov ditahan sebagai pemilik dua superyacht terbesar yang pernah tercatat, keduanya terkait dengan individu yang terkena sanksi, menunjukkan Khudainatov digunakan sebagai pemilik yang bersih dan tidak terkena sanksi untuk menyembunyikan pemilik manfaat yang sebenarnya,” ungkap FBI dalam surat pernyataan pengadilan.

Dokumen pengadilan mengatakan Amadea mematikan transpondernya segera setelah Rusia menginvasi Ukraina dan berlayar dari Karibia melalui Terusan Panama ke Meksiko, tiba dengan uang tunai lebih dari USD100.000.

Kapal itu kemudian berlayar ribuan mil melintasi Samudra Pasifik ke Fiji.

Departemen Kehakiman mengatakan tidak percaya dokumen yang menunjukkan Amadea selanjutnya menuju ke Filipina, dengan alasan kapal itu benar-benar bertujuan ke Vladivostok atau di tempat lain di Rusia.

Departemen mengatakan mereka menemukan pesan teks di telepon anggota kru yang mengatakan, "Kami tidak akan pergi ke Rusia, diikuti dengan emoji ‘diam’."

AS mengatakan Kerimov diam-diam membeli Amadea berbendera Cayman Island tahun lalu melalui berbagai perusahaan cangkang.

FBI mengatakan surat perintah penggeledahan di Fiji memunculkan email yang menunjukkan anak-anak Kerimov berada di atas kapal tahun ini dan bahwa kru menggunakan nama kode G0 untuk Kerimov, G1 untuk istrinya, G2 untuk putrinya dan seterusnya.

Kerimov menghasilkan banyak uang dengan berinvestasi di produsen emas Rusia Polyus, dengan majalah Forbes menempatkan kekayaan bersihnya sebesar USD14,5 miliar.

AS pertama kali memberinya sanksi pada 2018 setelah dia ditahan di Prancis dan dituduh melakukan pencucian uang di sana, terkadang dia tiba dengan koper berisi 20 juta euro.

Khudainatov adalah mantan Chairman dan CEO Rosneft, perusahaan minyak dan gas Rusia yang dikendalikan negara.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1710 seconds (0.1#10.140)