5 Film yang Dilarang Tayang di Arab Saudi, dari Unsur LGBT hingga Unsur Politik dan Agama

Jum'at, 27 Mei 2022 - 16:53 WIB
loading...
A A A


2. Eternals

Sebelum larangan tayang Doctor Strange in the Multiverse of Madness, film marvel lain berjudul Eternals juga dilarang tayang di Arab Saudi. Isu LGBT masih menjadi penyebabnya.

Dikutip dari The Hollywood Reporter, larangan tayang Eternals ini kemungkinan besar karena dimasukkannya adegan pasangan sesama jenis di dalamnya. Dalam hal ini, salah satu adegan menampilkan karakter Phastos (diperankan Brian Tyree Henry) yang berciuman dengan suaminya, Ben (diperankan Haaz Sleiman).

Pada awalnya, pihak Arab Saudi sempat mengajukan permintaan untuk melakukan pengeditan oleh badan sensor lokal. Namun, pengajuan ini ditolak, sehingga membuat Eternals dilarang tayang di beberapa negara kawasan Arab, termasuk Arab Saudi.

3. Noah

Noah menjadi salah satu film yang cukup kontroversial di dunia. Rilis pada 2014, film Amerika yang disutradarai Darren Aronofsky ini disinyalir mengisahkan tentang Nabi Nuh dan diperankan oleh Russel Crowe.

Dikutip dari situs Arab News, Al Azhar di Mesir mengeluarkan sebuah dekrit yang menyatakan mereka keberatan dengan film tersebut karena melanggar hukum Islam dengan menggambarkan seorang nabi. Selain itu, hal ini juga bisa membuat atau memprovokasi perasaan yang menontonnya percaya dengan cerita tersebut.



Menyikapi hal ini, negara-negara Arab, termasuk Arab Saudi sepakat untuk tidak menayangkan film ini. Tak hanya di kawasan semenajung Arab, negara lain seperti China hingga Indonesia pun turut melarang film Noah untuk tayang di negaranya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1744 seconds (0.1#10.140)