5 Film yang Dilarang Tayang di Arab Saudi, dari Unsur LGBT hingga Unsur Politik dan Agama

Jum'at, 27 Mei 2022 - 16:53 WIB
loading...
5 Film yang Dilarang Tayang di Arab Saudi, dari Unsur LGBT hingga Unsur Politik dan Agama
5 film yang dilarang tayang di Arab Saudi, dari unsur LGBT hingga unsur politik dan agama. Foto/Kolase/Sindonews
A A A
RIYADH - Arab Saudi dikenal sebagai negara yang cukup lekat kaitannya dengan syariat Islam . Dalam hal ini, segala bentuk aturan yang berlaku juga disesuaikan sehingga kerap disebut sebagai negara yang konservatif.

Namun, seiring berjalannya waktu, Arab Saudi berangsur-angsur menjadi lebih modern dan terbuka. Salah satu contohnya adalah dengan diperbolehkannya menonton film di bioskop.

Akan tetapi, ternyata tidak semua film yang hadir diperbolehkan tayang di negara ini. Karena tercatat ada beberapa film yang berasal dari luar negeri yang dicekal. Alasannya cukup beragam, dari film yang mengandung adegan LGBT , hingga adanya unsur-unsur politik yang tidak disukai.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa film yang dilarang tayang di Arab Saudi

1. Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Film kedua dari Doctor Strange ini sebenarnya menjadi salah satu film yang paling banyak ditonton sejak awal perilisannya. Termasuk juga di Indonesia. Selain itu, film garapan Marvel Studios ini juga banyak mendapat respon positif dari para penontonya.

Namun, ternyata film Doctor Strange in the Multiverse of Madness dilarang tayang di Arab Saudi. Dikutip dari situs Independent, The Hollywood Reporter telah mengkonfirmasi bahwa hal ini berhubungan dengan dimasukkannya karakter LGBT.

Film kedua Doctor Strange ini menampilkan karakter bernama America Chavez yang diperankan oleh Xochitl Gomez. Dalam komiknya, Chavez diketahui sebagai seorang lesbian.

Arab Saudi menjadi salah satu negara yang menganggap homoseksualitas adalah ilegal. Sebelumnya juga cukup banyak film yang mengandung isu tentang LGBT yang telah dilarang tayang di negara ini.

Tak hanya Arab Saudi, Kuwait dan Qatar juga disinyalir turut melarang Doctor Strange in the Multiverse of Madness untuk tayang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1072 seconds (0.1#10.140)