3 Negara yang Pernah Diserang oleh NATO dan Sekutunya

Sabtu, 21 Mei 2022 - 15:59 WIB
loading...
A A A
Alasan penyerangan ini pada awalnya karena Irak dicurigai memiliki senjata pemusnah massal. Invasi ini menjadi jawaban NATO dalam usahanya ‘melucuti’ senjata pemusnah tersebut serta mengakhiri dukungan Saddam Husein terhadap terorisme. Namun, pada faktanya ternyata diketahui juga bahwa tim inspeksi PBB sama sekali tidak menemukan senjata pemusnah massal yang dimaksud.



3. Bosnia dan Herzegovina

Dalam sejarahnya, NATO juga pernah melakukan intervensi militer di Bosnia dan Herzegovina. Tujuan tindakan ini diklaim NATO sebagai bentuk untuk membangun perdamaian jangka panjang setelah Perang Bosnia. Tak hanya dalam bidang politik, intervensi NATO diperluas dengan pengerahan puluhan ribu tentara dalam Operasi Joint Endeavour.

Dikutip dari situs AA, NATO memulai intervensi militernya pada 30 Agustus 1995. Aksi ini ditujukan setelah serangan artileri Angkatan Darat Republik Srpska dua hari sebelumnya yang menewaskan 43 orang dan melukai puluhan warga sipil di Sarajevo.

Dalam operasi NATO ini, beberapa negara yang terlibat diantaranya adalah Amerika Serikat, Jerman, Turki, Prancis, Inggris, Spanyol, dan lainnya.



(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2124 seconds (0.1#10.140)