Uji Coba Teranyar Rudal Monster Korut Dituding Propaganda Palsu

Rabu, 30 Maret 2022 - 18:31 WIB
loading...
A A A
Media pemerintah Korut - Rodong Sinmun dan kantor berita KCNA - tidak melaporkan peluncuran yang gagal pada saat itu. Mereka biasanya membawa laporan tentang tes senjata yang berhasil dalam waktu 24 jam setelah peluncuran, seringkali dengan foto.

Tetapi peluncuran 24 Maret itu didengungkan di media pemerintah, dengan KCTV merilis video apik yang konon menunjukkan rudal raksasa itu berhasil diuji coba. Analis telah menunjukkan perbedaan dalam rekaman yang mungkin menunjukkan bagian dari peluncuran 24 Maret dipalsukan.



Mengapa Korut melakukan ini? Analis mengatakan, Korut sangat membutuhkan kemenangan propaganda domestik menjelang peringatan penting, setelah peluncuran sebenarnya dari Hwasong-17 seminggu sebelumnya berakhir dengan kegagalan dengan rudal yang meledak di atas ibu kota Pyongyang.

"'Korut ingin menopang kesetiaan warga menjelang Hari Matahari dengan mencap Kim Jong-un sebagai pemimpin yang cakap dari kekuatan militer," kata analis Yang Moo-jin kepada AFP, merujuk pada peringatan kelahiran pemimpin pendiri Kim Il Dinyanyikan pada 15 April.

“Tapi peluncuran 16 Maret gagal secara spektakuler dan - lebih buruk lagi - itu terjadi di Pyongyang, sehingga orang-orang harus menyaksikan kegagalan dramatis itu. Jong-un mungkin berpikir dia membutuhkan sesuatu yang sangat kuat untuk menebusnya, dan mungkin itu sebabnya dia berbohong," tambah Yang.
(esn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2123 seconds (0.1#10.140)