AS Berduka, Menlu Wanita Pertama Madeleine Albright Meninggal Dunia

Kamis, 24 Maret 2022 - 05:14 WIB
loading...
A A A
Price mengatakan Albright adalah mentor bagi Blinken, wakilnya Wendy Sherman dan banyak lainnya.

"Dia adalah pelopor sebagai Menteri Luar Negeri wanita pertama, dan secara harfiah membuka pintu bagi sebagian besar tenaga kerja kami," kata Price.

"Dia membawa begitu banyak orang di bawah sayapnya sehingga Anda harus membayangkan seberapa besar lebar sayap itu," sambung Price.



"Jadi ini adalah berita yang sangat menghancurkan. Saya tahu ada banyak orang di gedung ini yang berduka dan akan berduka hari ini. Dan pikiran kami tentu saja bersama keluarganya dan banyak, banyak orang yang dia sentuh di gedung ini, di negara ini dan di seluruh dunia," tuturnya.

Mantan Presiden Barack Obama mengatakan dalam sebuah pernyataan: "Madeleine Albright membantu membawa perdamaian ke Balkan, membuka jalan bagi kemajuan di beberapa sudut paling tidak stabil di dunia, dan merupakan juara untuk nilai-nilai demokrasi. Dan sebagai seorang imigran sendiri, dia membawa perspektif yang unik dan penting untuk kariernya yang luar biasa."

Obama juga menceritakan interaksi yang dia katakan Albright lakukan dengan seorang pria Ethiopia pada upacara naturalisasi.

"Pria itu mendatangi Madeleine dan berkata, 'Hanya di Amerika seorang pengungsi dari Afrika dapat bertemu dengan Menteri Luar Negeri.' Dia menjawab, 'Hanya di Amerika seorang pengungsi dari Eropa Tengah dapat menjadi Menteri Luar Negeri,'" ungkap Obama.

Duta Besar AS untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa Linda Thomas-Greenfield mengatakan di pertemuan Majelis Umum PBB: "Menteri Albright adalah seorang mentor. Dia adalah bos saya, keduanya sebagai menteri luar negeri; saya bekerja dengannya di Georgetown. Dia adalah seorang kolega dan dia adalah teman selama beberapa dekade."

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0939 seconds (0.1#10.140)