Diplomatnya Diusir Belarusia, Konsulat Ukraina Terancam Tutup

Kamis, 24 Maret 2022 - 02:11 WIB
loading...
A A A
Selain gangguan tersebut, pernyataan itu mengatakan bahwa Ukraina menyebut Belarusia sebagai "negara musuh" pada tahun 2021 dan menghentikan kontak antar negara.

Belarusia juga menyadari "kegiatan" yang "tidak sesuai dengan status diplomatik" oleh karyawan kedutaan dan konsulat Ukraina di negara itu, kata pernyataan itu.

Ukraina mengambil ini dan "tindakan merusak" lainnya sementara Belarusia "bahkan di masa-masa paling sulit tidak mengambil satu langkah anti-Ukraina," menurut pernyataan itu.



Glaz mengecam apa yang dia gambarkan sebagai perlakuan "kasar" Ukraina terhadap diplomat Belarusia dan keluarga mereka di pos pemeriksaan Mogilev-Podolsky, penyitaan properti dan tindakan terhadap warga Belarusia yang tidak bersalah yang tanpa sadar berada di zona konflik.

"Semua ini adalah upaya sinis untuk menyalakan kebencian di antara orang-orang, untuk mentransfer perselisihan politik kepada orang-orang biasa. Kami tidak akan pernah membiarkan ini," bunyi pernyataan itu.

Glaz menekankan bahwa Ukraina "telah dan tetap menjadi saudara" bagi Belarusia. Dia mengumumkan bahwa warga Ukraina dan warga negara asing lainnya yang mencoba melarikan diri dari zona perang akan diizinkan memasuki Belarusia dari Ukraina, tetap di sana dan kemudian bebas visa hingga 15 April.

"Kami berharap ini akan memfasilitasi pemulangan yang aman dari warga ini ke negara tempat tinggal mereka, memungkinkan banyak orang untuk bersatu kembali dengan kerabat mereka baik di Belarus maupun di luar negeri," bunyi pernyataan itu.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1561 seconds (0.1#10.140)