Pemimpin Baru ISIS Ternyata Saudara Baghdadi

Sabtu, 12 Maret 2022 - 13:54 WIB
loading...
A A A
“Badri adalah seorang radikal yang bergabung dengan kelompok salafi (teroris) pada tahun 2003 dan diketahui selalu menemani Baghdadi sebagai pendamping pribadi dan penasihat hukum Islam,” kata salah satu pejabat keamanan Irak.

Pejabat itu mengatakan Badri telah lama menjadi kepala Dewan Syura ISIS, sebuah kelompok kepemimpinan yang memandu strategi dan memutuskan suksesi ketika seorang khalifah terbunuh atau ditangkap.

Penelitian oleh mendiang ahli ISIS Irak Hisham al-Hashemi yang diterbitkan online pada tahun 2020 mengatakan Badri adalah pemimpin Dewan Syura yang beranggotakan lima orang.



Rekaman audio yang mengumumkan pemimpin baru mengatakan dia telah ditunjuk oleh Quraisy sebagai penggantinya sebelum kematiannya.

No-de-guerre Badri, juga Quraishi, menunjukkan bahwa seperti saudara laki-lakinya dan pendahulunya, dia diyakini garis keturunannya dari Nabi Muhammad SAW, memberinya pengaruh agama di antara sesama militan.

Pejabat keamanan Irak dan analis mengatakan bahwa pemimpin baru itu akan terus berusaha melancarkan serangan di Irak dan Suriah dan mungkin memiliki visinya sendiri tentang bagaimana serangan itu dilakukan.

Salah satu pejabat keamanan Irak yang berbicara kepada Reuters pada hari Jumat mengatakan Badri baru-baru ini pindah melintasi perbatasan dari Suriah, tempat dia bersembunyi, ke Irak.



Badri akan mewarisi kendali atas sumber daya keuangan yang signifikan, menurut sebuah laporan yang ditulis pada bulan Desember oleh tim pemantau sanksi PBB.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0900 seconds (0.1#10.140)