Pemimpin Baru ISIS Ternyata Saudara Baghdadi

Sabtu, 12 Maret 2022 - 13:54 WIB
loading...
Pemimpin Baru ISIS Ternyata Saudara Baghdadi
Pejabat Irak dan Barat menyebut pemimpin baru ISIS adalah saudara dari pemimpin sebelumnya Abu Bakr al-Baghdadi. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
BAGHDAD - ISIS baru saja mengumumkan pemimpin barunya bernama Abu al-Hassan al-Hashemi al-Quraishi dalam rekaman pesan audio yang didistribusikan secara online pada Kamis lalu.

Pengumuman itu muncul beberapa minggu setelah kematian Abu Ibrahim al-Quraishi bulan lalu, pria yang pada gilirannya menggantikan Abu Bakr al-Baghdadi pada 2019 dan menjadi khalifah kedua kelompok itu. Baik Baghdadi dan Quraishi tewas dengan meledakkan diri dan anggota keluarga selama serangan AS di tempat persembunyian mereka di Suriah utara.

Menurut dua pejabat keamanan Irak dan satu sumber keamanan Barat pemimpin baru ISIS itu adalah saudara dari mantan khalifah Abu Bakr al-Baghdadi.



Lalu siapakah sebenarnya Abu al-Hassan al-Hashemi al-Quraishi?

Nama asli pemimpin baru ISIS itu adalah Juma Awad al-Badri, dia adalah kakak laki-laki Irak dan Baghdadi. Hal itu diungkapkan dua pejabat keamanan Irak mengatakan kepada Reuters seperti dikutip dari Al Arabiya, Sabtu (12/3/2022).

Pernyataan pejabat keamanan Irak ini dikonfirmasi oleh seorang pejabat keamanan Barat yang menyebut bahwa kedua pria itu bersaudara, tetapi tidak merinci mana yang lebih tua.

Ini adalah pertama kalinya terungkap sejak ISIS mengumumkan pemimpin baru. Para pejabat berbicara dengan syarat anonim karena mereka tidak berwenang untuk berbicara kepada media.



Sedikit yang diketahui tentang Badri, tetapi dia berasal dari lingkaran dekat militan Irak yang membayangi dan berjuang yang muncul setelah invasi Amerika Serikat (AS) tahun 2003.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1224 seconds (0.1#10.140)