Apa itu Senjata Kimia dan Dapatkah Rusia Menggunakannya?

Sabtu, 12 Maret 2022 - 08:28 WIB
loading...
A A A
Rusia, ketika masih menjadi bagian dari Uni Soviet, mengendalikan program senjata biologis yang sangat besar, yang dijalankan oleh sebuah badan bernama Biopreparat, yang mempekerjakan sekitar 70.000 orang.

Setelah berakhirnya Perang Dingin, para ilmuwan masuk untuk membongkarnya. Mereka menemukan bahwa Uni Soviet telah memproduksi dan mempersenjatai antraks, cacar, dan penyakit lainnya secara massal setelah mengujinya pada monyet hidup di sebuah pulau di Rusia selatan. Mereka bahkan memasukkan spora antraks ke dalam hulu ledak rudal jarak jauh antarbenua yang ditujukan ke kota-kota Barat.

Akhirnya, dalam seruan suram senjata non-konvensional ini, ada "bom kotor" - bahan peledak normal yang dikelilingi oleh unsur-unsur radioaktif. Ini dikenal sebagai RDD - perangkat penyebaran radiologis. Itu bisa menjadi bahan peledak konvensional yang membawa isotop radioaktif seperti Cesium 60 atau Strontium 90.



Itu tidak akan membunuh lebih banyak orang daripada bom biasa, setidaknya pada awalnya. Tapi itu bisa membuat area yang sangat luas - berpotensi seukuran seluruh wilayah London - tidak dapat dihuni selama berminggu-minggu, sampai benar-benar didekontaminasi.

Bom kotor hampir seperti senjata psikologis, dirancang untuk menimbulkan kepanikan di antara penduduk dan merusak moral masyarakat. Kami belum pernah melihatnya digunakan dalam perang. Ini sebagian karena berbahaya dan sulit ditangani, membuat pengguna menghadapi risiko pribadi.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1510 seconds (0.1#10.140)