Bencana Nuklir Bisa Terjadi, Warga Ukraina Blokade Jalan ke PLTN Terbesar di Eropa

Kamis, 03 Maret 2022 - 06:22 WIB
loading...
A A A


Tapi Geraschenko meminta jenderal Rusia untuk melewati Zaporizhzhia di utara PLTN, mengklaim bahwa kemungkinan pertempuran sengit di daerah itu dapat mengakibatkan kecelakaan nuklir.

Menulis di halaman Facebook-nya, dia berkata, “Karena kegilaan Putin, Eropa kembali berada di ambang bencana nuklir. Kota di mana pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa berada sedang mempersiapkan pertempuran dengan penjajah.”

“Kecelakaan bisa terjadi seperti di pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl atau pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima. Jenderal Rusia, pikirkan lagi! Radiasi tidak mengenal kebangsaan, (itu) tidak mengasihi siapa pun!” tegas dia.

Pembangkit nuklir Zaporizhzhia diyakini sebagai reaktor nuklir terbesar di Eropa, serta di antara 10 besar terbesar di dunia.

PLTN itu aktif pada pertengahan tahun delapan puluhan. Terdiri dari enam dari 15 reaktor Ukraina, pembangkit ini menghasilkan hampir setengah dari listrik negara itu.

PLTN itu juga memiliki depot penyimpanan untuk bahan bakar nuklir bekas.

Badan Energi Atom Internasional (IAEA), pengawas nuklir global, mengatakan telah menerima surat dari Rusia yang mengatakan personel di pabrik Zaporizhzhia melanjutkan "pekerjaan mereka dalam menyediakan keselamatan nuklir dan memantau radiasi dalam mode operasi normal."

Surat itu menambahkan, "Tingkat radiasi tetap normal."

Sementara serangan langsung ke pembangkit tidak mungkin terjadi, para ahli juga menyuarakan keprihatinan bahwa keselamatan dapat dikompromikan atau risiko kecelakaan akan meningkat, baik jika staf kesulitan mencapai pembangkit atau ada gangguan berkepanjangan pada pasokan listrik yang diperlukan untuk menjaga batang bahan bakar tetap dingin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1101 seconds (0.1#10.140)