Situasi Tidak Pasti, India Minta Warganya Tinggalkan Ukraina

Selasa, 15 Februari 2022 - 16:12 WIB
loading...
Situasi Tidak Pasti, India Minta Warganya Tinggalkan Ukraina
Situasi tidak pasti, India meminta warganya untuk pertimbangkan tinggalkan Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
NEW DELHI - Segera setelah Amerika Serikat (AS) untuk menutup kantornya di Kiev, India menyarankan warganya di Ukraina untuk mempertimbangkan meninggalkan negara itu untuk sementara. Bagaimanapun, Kedutaan India terus tetap beroperasi.

Misi diplomatik India di Kiev telah meminta warga India, khususnya pelajar yang tinggalnya tidak penting, untuk meninggalkan Ukraina, mengingat ketidakpastian di negara Eropa Timur itu.

Sebuah saran singkat yang dikeluarkan oleh kantor Kedubes India di Kiev meminta warga negara India untuk tetap waspada dan memberi mereka informasi tentang keberadaan mereka di Ukraina.



“Warga negara India diminta untuk memberi tahu Kedutaan Besar tentang status kehadiran mereka di Ukraina agar Kedutaan Besar dapat menghubungi mereka jika diperlukan," bunyi pernyataan itu seperti dikutip dari Sputnik, Selasa (15/2/2022).

Bulan lalu, Kedutaan Besar India mendistribusikan formulir melalui situs webnya, meminta warga mengisi informasi yang diperlukan untuk membantu pejabat pemerintah berkoordinasi dengan mereka secara efektif dan menyebarkan informasi dengan cepat.

Selama beberapa hari terakhir, beberapa negara telah mengurangi staf diplomatik mereka di Ukraina dan mendesak warganya untuk pergi.



AS juga telah memutuskan untuk merelokasi Kedutaan Besar Ukraina dari ibu kota Kiev ke kota barat Lvov, dengan alasan "percepatan dramatis dalam penumpukan pasukan Rusia".

Meskipun Moskow pada hari Senin mengatakan bahwa pihaknya terbuka untuk negosiasi mengenai jaminan keamanan, juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price mencatat bahwa: "masih belum jelas bagi kami apakah Rusia tertarik untuk menempuh jalur diplomatik daripada menggunakan kekuatan."

Selama beberapa bulan terakhir, negara-negara Barat menuduh Rusia merencanakan "invasi" ke Ukraina dengan mengumpulkan pasukan di dekat perbatasannya. Moskow telah menggambarkan klaim itu tidak masuk akal dan mengatakan pihaknya memiliki hak untuk memindahkan pasukan di dalam wilayahnya dan atas kebijakannya sendiri.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1708 seconds (0.1#10.140)