AS: Invasi Rusia ke Ukraina Bisa Dimulai Kapan Saja Sekarang

Senin, 14 Februari 2022 - 06:48 WIB
loading...
AS: Invasi Rusia ke Ukraina Bisa Dimulai Kapan Saja Sekarang
Amerika Serikat menyatakan invasi Rusia ke Ukraina bisa dimulai kapan saja sekarang. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengatakan invasi Rusia ke Ukraina bisa dimulai kapan saja sekarang. Hanya saja, Washington tidak bisa memprediksi hari tertentu.

"Sebuah aksi militer besar dapat dimulai oleh Rusia di Ukraina kapan saja sekarang," kata Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan kepada CNN pada hari Minggu.

"Cara mereka membangun kekuatan, cara mereka melakukan manuver di tempat, membuat kemungkinan besar akan ada aksi militer besar segera," ujarnya, yang dilansir Senin (14/2/2022).

Sebelumnya, pada Jumat pekan lalu, media Amerika; Politico, menuduh Presiden Rusia Putin telah memutuskan untuk menyerang Ukraina dengan menyatakan serangan diperkirakan akan dimulai paling cepat 16 Februari 2022.



Washington menggunakan laporan tersebut untuk meminta semua orang Amerika untuk meninggalkan negara Eropa Timur itu secepatnya.

Sullivan menekankan bahwa AS tidak akan mengizinkan Rusia untuk memulai serangan "kejutan" terhadap Ukraina, berjanji untuk terus berbagi intelijen dan memperingatkan dunia untuk bersiap menghadapi Moskow dengan dalih untuk merespons invasinya.

"Kami siap untuk terus bekerja dalam diplomasi, tetapi kami juga siap untuk menanggapi secara bersatu dan tegas dengan sekutu dan mitra kami jika Rusia melanjutkan," katanya.

Dalam wawancara terpisah dengan Fox News pada hari Minggu, Juru Bicara Pentagon John Kirby mengatakan dia tidak dapat mengonfirmasi laporan Jumat oleh Politico bahwa Rusia akan memulai invasi ke Ukraina pada 16 Februari.

"Saya tidak dalam posisi untuk mengkonfirmasi laporan itu," kata Kirby.

"Kami ingin berhati-hati dalam berbicara di depan umum tentang intelijen dan sumber dan metode dan hal semacam itu. Yang dapat saya katakan kepada Anda [adalah]...kami percaya aksi militer besar dapat terjadi kapan saja sekarang," ujarnya, tampaknya membaca dari poin pembicaraan yang sama dengan Sullivan sebelum penampilannya di televisi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0844 seconds (0.1#10.140)