China Minta DK PBB Berupaya Keras Hindari Perang Saudara di Myanmar

Minggu, 30 Januari 2022 - 20:00 WIB
loading...
China Minta DK PBB Berupaya Keras Hindari Perang Saudara di Myanmar
Demonstran Myanmar berhadapan dengan polisi dan tentara. FOTO/Reuters
A A A
YANGON - Duta Besar China untuk PBB, Zhang Jun mengatakan, tujuan utama Dewan Keamanan PBB di Myanmar adalah untuk menghindari lebih banyak kekerasan dan perang saudara.

Zhang Jun mengatakan kepada beberapa wartawan setelah dewan mendengar briefing tertutup dari utusan Myanmar yang baru untuk 10 anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan PBB, bahwa ia berharap upaya mereka dan lainnya "benar-benar dapat terus menenangkan situasi."



“Kelompok regional Asia Tenggara ASEAN, yang mencakup Myanmar, telah berusaha untuk memainkan peran mediasi dalam krisis Myanmar mengingat kekhawatiran tentang bagaimana hal itu dapat mempengaruhi perdamaian regional. Dan, China percaya itu harus memainkan “peran penting,” kata Zhang, seperti dikutip dari AP, Sabtu (29/1/2022).

Setahun yang lalu -- pada 1 Februari 2021 -- militer Myanmar merebut kekuasaan dari pemerintah terpilih Aung San Suu Kyi. Pengambilalihannya dengan cepat disambut oleh demonstrasi nasional tanpa kekerasan, yang ditumpas oleh pasukan keamanan dengan kekuatan mematikan, menewaskan lebih dari 1.400 warga sipil, menurut daftar terperinci yang disusun oleh Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik.

Protes damai terus berlanjut, tetapi di tengah tindakan keras yang keras, perlawanan bersenjata juga telah tumbuh, sampai-sampai para ahli PBB telah memperingatkan negara itu bisa tergelincir ke dalam perang saudara.



Pada bulan April, ASEAN mencapai konsensus tentang rencana lima poin untuk mencoba membantu memulihkan perdamaian dan stabilitas, termasuk penghentian segera kekerasan, memulai dialog di antara semua pihak, dan penunjukan utusan khusus ASEAN yang akan mengunjungi Myanmar untuk bertemu semua pihak terkait. Namun, Myanmar tidak melakukan banyak upaya untuk mengimplementasikannya.

ASEAN juga membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk memilih Menteri Luar Negeri Kedua Brunei Erywan Yusof sebagai utusannya, tetapi dia tidak pernah mengunjungi Myanmar karena militer tidak mengizinkannya untuk bertemu dengan Suu Kyi.

Pada bulan Oktober, Kamboja mengambil alih kepresidenan ASEAN dan pada pertengahan Desember Perdana Menteri Hun Sen menunjuk menteri luar negeri negara itu, Prak Sokhonn menjadi utusan kelompok regional Myanmar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1234 seconds (0.1#10.140)