Zig-zag PM Sudan Abdalla Hamdok: Dikudeta, Diangkat Lagi, lalu Mundur

Senin, 03 Januari 2022 - 07:53 WIB
loading...
A A A
Pada hari Minggu, sebelum pengunduran diri PM Hamdok, pasukan keamanan Sudan dengan keras membubarkan pengunjuk rasa pro-demokrasi. Sebuah kelompok medis mengatakan setidaknya dua orang tewas.

Komite Dokter Sudan, yang merupakan bagian dari gerakan pro-demokrasi, mengatakan salah satu korban tewas dipukul dengan keras di kepalanya saat mengambil bagian dalam pawai protes di Khartoum.

Yang kedua ditembak di dadanya di kota kembar Khartoum, Omdurman. Kelompok itu, seperti dikutip AP, Senin (3/1/2022), mengatakan puluhan pengunjuk rasa lainnya terluka.

Aktivis Nazim Sirag mengatakan pasukan keamanan menggunakan gas air mata dan granat untuk membubarkan pengunjuk rasa. Pasukan juga mengejar demonstran di jalan-jalan di seberang ibu kota.

Protes juga terjadi di kota-kota lain termasuk Port Sudan dan Nyala di wilayah Darfur.

Protes pecah meskipun keamanan diperketat dan memblokir jembatan dan jalan di Khartoum dan Omdurman. Koneksi internet juga terganggu menjelang protes.

Kematian dua demonstran pada hari Minggu telah menambah jumlah korban tewas di antara pengunjuk rasa sejak kudeta menjadi setidaknya 56 orang.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1121 seconds (0.1#10.140)