Balas Kematian 2 Orang, Koalisi Arab Saudi Serang Yaman Besar-besaran

Sabtu, 25 Desember 2021 - 18:37 WIB
loading...
A A A
Koalisi Arab mengatakan akan mengadakan konferensi pers hari ini untuk membahas perkembangan terakhir.

Houthi Yaman secara teratur meluncurkan rudal dan drone ke negara tetangga; Arab Saudi, menargetkan bandara dan infrastruktur minyaknya.

Tetapi yang terbaru adalah yang pertama dalam lebih dari tiga tahun yang mengakibatkan kematian di wilayah kerajaan, yang mencatat kematian pertamanya dari serangan rudal Houthi yang menghantam Riyadh pada 2018.

Itu juga terjadi ketika pertempuran antara kedua belah pihak meningkat, di mana Koalisi Arab meningkatkan serangan udara di Sanaa.

Arab Saudi yang diperintah Muslim Sunni dan sekutunya; Amerika Serikat, telah lama menuduh Iran memasok senjata canggih kepada pemberontak Houthi. Namun, tuduhan itu dibantah oleh Republik Islam Iran yang didominasi Muslim Syiah tersebut.

Angkatan Laut AS mengatakan beberapa hari lalu bahwa mereka menyita 1.400 senapan serbu AK-47 dan amunisi dari sebuah kapal penangkap ikan yang diklaimnya menyelundupkan senjata dari Iran untuk Houthi. Penyitaan ini terjadi di Laut Arab Utara.

“Kapal tanpa kewarganegaraan itu dinilai berasal dari Iran dan transit di perairan internasional di sepanjang rute yang secara historis digunakan untuk memperdagangkan senjata secara tidak sah ke Houthi di Yaman,” katanya.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1742 seconds (0.1#10.140)