Ini 9 Tuntutan Rusia pada NATO, Termasuk Larang AS Gunakan Bom Nuklir

Sabtu, 18 Desember 2021 - 04:00 WIB
loading...
A A A
"Tapi itu tidak berarti ini adalah awal dari perang. Ini adalah pembenaran untuk menjaga sikap Moskow yang memicu masalah, untuk menjaga keseimbangan Washington dan yang lainnya. Pertanyaannya adalah, berapa lama itu bisa dipertahankan, sebelum kehilangan kekuatannya?"

Ryabkov mengatakan Rusia tidak mau lagi bertahan dengan situasi saat ini. Dia mendesak Amerika Serikat untuk menanggapi proposal itu dengan serius dan memberikan tanggapan yang konstruktif dengan cepat.

Ryabkov juga mengatakan Rusia siap untuk memulai pembicaraan paling cepat hari Sabtu (18/12/2021), dengan kemungkinan tempat di Jenewa, dan bahwa tim perundingnya sudah siap.

Juru bicara Gedung Putih Jen Psaki mengatakan Amerika Serikat telah melihat proposal dan berbicara dengan sekutu NATO-nya.

"Tidak akan ada pembicaraan tentang keamanan Eropa tanpa sekutu dan mitra Eropa kami," kata Psaki kepada wartawan, seperti dikutip Reuters.

Kantor berita Rusia,TASS, mengutip Ryabkov yang kemudian mengatakan bahwa Moskow sangat kecewa dengan sinyal yang datang dari Amerika Serikat dan NATO.

Rusia menyerahkan proposalnya ke Amerika Serikat awal pekan ini di tengah meningkatnya ketegangan atas penumpukan pasukan Rusia di dekat Ukraina.

Berikut 9 poin tuntutan Rusia terhadap NATO:

1. Agar mengesampingkan ekspansi NATO lebih lanjut dan aksesi Ukraina ke aliansi
2. Tidak mengerahkan pasukan dan senjata tambahan di luar negara tempat mereka berada pada Mei 1997 (sebelum negara-negara Eropa Timur bergabung dengan aliansi NATO)-kecuali dalam kasus luar biasa dengan persetujuan Rusia dan anggota NATO
3. Agar meninggalkan aktivitas militer NATO di Ukraina, Eropa Timur, Kaukasus dan Asia Tengah
4. Tidak menyebarkan rudal jarak menengah dan pendek di mana senjata-senjata itu dapat mengenai wilayah pihak lain
5. Tidak melakukan latihan dengan lebih dari satu brigade militer di zona perbatasan yang disepakati, dan secara teratur bertukar informasi tentang latihan militer
6. Agar mengonfirmasi bahwa para pihak tidak menganggap satu sama lain sebagai musuh, dan setuju untuk menyelesaikan semua perselisihan secara damai dan menahan diri dari penggunaan kekuatan
7. Berkomitmen untuk tidak menciptakan kondisi yang mungkin dianggap sebagai ancaman oleh pihak lain
8. Agar membuat hotline untuk kontak darurat
9. Menyetujui bahwa baik Rusia maupun Amerika Serikat tidak boleh menggunakan senjata nuklir di luar wilayah nasional mereka
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1006 seconds (0.1#10.140)