Erdogan Tegaskan Media Sosial Ancaman bagi Demokrasi

Minggu, 12 Desember 2021 - 06:29 WIB
loading...
Erdogan Tegaskan Media Sosial Ancaman bagi Demokrasi
Presiden Turki Tayyip Erdogan. Foto/REUTERS
A A A
ANKARA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menggambarkan media sosial sebagai salah satu ancaman utama bagi demokrasi. Peringatan itu diungkapkan dia pada Sabtu (11/12/2021).

Pemerintah Erdogan berencana untuk mengesahkan Undang-undang (UU) untuk mengkriminalisasi penyebaran berita palsu dan disinformasi online.

Meski demikian, para pengkritik mengatakan perubahan yang diusulkan akan memperketat pembatasan kebebasan berbicara dan berpendapat di Turki.



“Media sosial, yang digambarkan sebagai simbol kebebasan ketika pertama kali muncul, telah berubah menjadi salah satu sumber utama ancaman bagi demokrasi saat ini,” tegas Erdogan dalam pesan video pada konferensi komunikasi yang diselenggarakan pemerintah di Istanbul.



Dia menambahkan, “Kita mencoba melindungi rakyat kita, terutama bagian masyarakat yang rentan, dari kebohongan dan disinformasi tanpa melanggar hak warga negara kita untuk menerima informasi yang akurat dan tidak memihak.”



Turki mengesahkan undang-undang tahun lalu yang mewajibkan platform media sosial yang memiliki lebih dari 1 juta pengguna untuk memiliki perwakilan hukum dan menyimpan data di negara tersebut.

Perusahaan media sosial besar, termasuk Facebook, YouTube dan Twitter, telah mendirikan kantor di Turki.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1771 seconds (0.1#10.140)