Tersebar di 38 Negara, WHO Sebut Varian Omicron Belum Makan Korban Jiwa

Minggu, 05 Desember 2021 - 14:09 WIB
loading...
A A A
Varian Omicron juga telah menyebar di Australia hari ini, menjadi ujian bagi rencana untuk membuka kembali kegiatan ekonomi negarai itu ketika sebuah cluster di Sydney tumbuh menjadi 13 kasus dan diduga ada infeksi di negara bagian Queensland.



Otoritas federal Australia bertahan dengan rencana untuk membuka kembali perekonomian dengan harapan bahwa varian baru terbukti lebih ringan daripada jenis sebelumnya. Tetapi beberapa pemerintah negara bagian dan teritori telah bergerak untuk memperketat kontrol perbatasan domestik mereka.

Australia melaporkan transmisi komunitas pertama Omicron pada hari Jumat di sebuah sekolah di Sydney. Pihak berwenang sedang menyelidiki sumbernya.

"Kasus Omicron lebih lanjut diperkirakan terjadi selama akhir pekan ketika lebih banyak hasil tes datang," kata Kerry Chant, kepala petugas kesehatan New South Wales, di mana Sydney adalah ibu kotanya.

Sementara itu India melaporkan kasus ketiga dari varian hari ini dengan jumlah total kasus COVID di negara itu mendekati angka 35 juta.

Pejabat di negara bagian Gujarat barat mengatakan pasien yang dites positif Omicron adalah seorang pria berusia 72 tahun asal India yang telah tinggal di Zimbabwe selama beberapa dekade, dan kembali pada 28 November lalu.



India melaporkan 8.603 kasus baru COVID-19 pada Sabtu, sehingga totalnya menjadi 34,6 juta. Kematian naik 415 menjadi 470.530.

Perdana Menteri Narendra Modi bulan lalu meminta para pejabat untuk fokus pada negara-negara yang diidentifikasi berisiko, setelah WHO menyatakan varian baru menjadi 'perhatian'.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1558 seconds (0.1#10.140)