Ketegangan dengan China Meningkat, AS Lipatgandakan Pasukan di Taiwan

Sabtu, 04 Desember 2021 - 17:47 WIB
loading...
A A A


Undang-Undang Hubungan Taiwan 1979 menyatakan bahwa Amerika Serikat akan "menyediakan peralatan pertahanan dan layanan pertahanan semacam itu kepada Taiwan untuk memungkinkannya mempertahankan diri dari serangan, bahasa yang diterapkan Washington melalui penjualan senjata besar-besaran.

"AS menunjukkan dukungannya untuk Taiwan dalam 'taktik salami-slice Amerika' dengan kunjungan berulang kali oleh anggota kongres AS dan tokoh-tokoh terkenal lainnya," kata Bill Sharp, yang menulis tentang sejarah dan pertahanan Taiwan dan merupakan sarjana tamu di Universitas Nasional Taiwan pada tahun 2020.

Dalam 1½ tahun terakhir, katanya, AS telah menjual satu per satu paket senjata ke Taiwan.

"Mencoba untuk serendah mungkin mengingat ancaman (China) yang terus berlanjut ke Taiwan, kami memberi tahu (China) dengan jelas bahwa keamanan Taiwan sangat penting bagi AS," katanya melalui email.



Personel militer AS tambahan mungkin berada di Taiwan untuk menunjukkan kepada anggota militer Taiwan bagaimana menggunakan pembelian senjata terbaru mereka, kata Sharp, atau untuk melatih mereka dalam taktik perahu karet kecil untuk membantu mempertahankan pulau-pulau terpencil seperti Kepulauan Pratas.

Pulau-pulau tak berpenghuni tersebut dikelola oleh Taiwan tetapi terletak dekat dengan pangkalan militer Asia dan Cina di Pulau Hainan, menjadikannya sasaran empuk bagi Beijing. Mereka juga memiliki nilai strategis karena terletak di pintu masuk dan keluar Selat Bashi dan Selat Taiwan, yang dapat memberi China akses ke Pasifik Barat.

Menyerang pulau itu, kata Sharp, bisa menjadi cara mudah untuk "mempermalukan" Taiwan dan Amerika Serikat tanpa kehilangan nyawa warga sipil.

"Saya bersedia bertaruh bahwa setidaknya beberapa personel militer AS berada di Pratas untuk melatih para pembela Taiwan dan untuk melayani sebagai 'kawat perjalanan'. Itu adalah jaminan bahwa RRC tidak akan menyerang Pratas yang dapat mengakibatkan kematian orang Amerika yang menempatkan ketegangan yang lebih besar pada hubungan AS-China," pungkasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2290 seconds (0.1#10.140)