Cerita Pilu Waria Malaysia Nur Sajat Diborgol dan Dipukuli: Saya Harus Lari!

Jum'at, 19 November 2021 - 14:21 WIB
loading...
A A A
Berbicara pada BBC dari Sydney, dia mengaku tidak punya pilihan selain melarikan diri, setelah diserang oleh petugas dari Departemen Agama (JAIS) di negara bagian Selangor, Malaysia, yang telah mengajukan tuntutan terhadapnya.

"Saya harus melarikan diri. Saya diperlakukan dengan kasar, saya dipukul, didorong, diborgol, semua di depan orang tua dan keluarga saya. Saya merasa malu dan sedih. Saya memberi mereka kerja sama saya, tetapi mereka tetap melakukan itu kepada saya," tutur dia.

"Mungkin karena mereka melihat saya sebagai wanita trans, jadi mereka tidak peduli jika saya dipegang, dipukuli, diinjak-injak. Kami transgender juga punya perasaan. Kami layak menjalani hidup seperti orang normal," papar dia.

Nur Sajat adalah seorang pengusaha sukses yang mandiri. Tujuh tahun lalu, dia mulai mempromosikan dirinya di media sosial. Dia mengembangkan produk perawatan kulit dan suplemen kesehatannya sendiri, sangat berhasil dengan korset yang membawa nama mereknya.

Dengan penampilan yang rapi dan postingan media sosial yang lucu, dia mendapatkan ratusan ribu pengikut dan menjadi selebriti nasional. Kemudian pertanyaan tentang jenis kelaminnya dimulai.

Itu tidak pernah benar-benar menjadi rahasia. Nur Sajat mengikuti kontes kecantikan transgender terkenal di Thailand pada 2013, memenangkan penghargaan untuk tariannya.

Apa yang mengangkat alis di Malaysia adalah bahwa dia juga seorang Muslim yang taat dan memposting gambar mengenakan jilbab.

Dia menjelaskan kepada mereka yang bertanya bahwa dia dilahirkan dengan alat kelamin laki-laki dan perempuan, atau interseks. Kondisi itu dalam Islam diperlakukan dengan lebih toleran daripada mereka yang mengubah jenis kelamin kelahiran mereka.

Pada 2017, Nur Sajat mengumumkan bahwa secara fisik dia sekarang sepenuhnya seorang wanita, dan memposting laporan dokter untuk mendukungnya.

Pihak berwenang Malaysia memutuskan untuk menyelidikinya. Departemen Pengembangan Islam Malaysia (JAKIM) mengatakan perlu bukti bahwa dia dilahirkan interseks. JAKIM menawarkan untuk membantu Nur Sajat dengan apa yang disebutnya "kebingungan gender".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1646 seconds (0.1#10.140)