Rumah Sakit Militer Afghanistan Diserang Kelompok Bersenjata, 25 Tewas

Selasa, 02 November 2021 - 23:40 WIB
loading...
A A A
Dia mengatakan tidak jelas apakah ledakan dan tembakan itu terjadi di dalam kompleks rumah sakit yang luas itu.

Tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. Namun, operasi dari serangan itu menjadi ciri khas dari serangan kompleks yang dilakukan oleh Negara Islam (ISIS). Ini mengikuti serangkaian pemboman oleh kelompok yang telah muncul sebagai ancaman terbesar bagi kendali Taliban di Afghanistan.

ISIS , yang telah melakukan serangkaian serangan terhadap masjid dan target lainnya sejak jatuhnya Kabul ke tangan Taliban pada Agustus lalu, melancarkan serangan kompleks di rumah sakit pada 2017, menewaskan lebih dari 30 orang.

Serangan kelompok itu telah menyebabkan meningkatnya kekhawatiran di luar Afghanistan tentang potensi negara itu menjadi surga bagi kelompok-kelompok militan seperti ketika kelompok al-Qaeda menyerang Amerika Serikat pada tahun 2001.



Kekhawatiran telah diperburuk oleh krisis ekonomi yang mengancam jutaan orang dengan kemiskinan saat musim dingin mendekat dan membuat ribuan mantan pejuang tidak memiliki pekerjaan.

Penarikan dukungan internasional secara tiba-tiba menyusul kemenangan Taliban telah membawa ekonomi Afghanistan yang rapuh ke ambang kehancuran, sama seperti kekeringan parah yang mengancam jutaan orang dengan kelaparan.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1488 seconds (0.1#10.140)