AQ Khan, Bapak Bom Nuklir Pakistan Dibenci Barat dan Disamakan dengan Osama bin Laden

Senin, 11 Oktober 2021 - 08:17 WIB
loading...
A A A
AQ Khan datang ke Eropa tahun 1970-an bukan sebagai mata-mata nuklir, tetapi dia akhirnya menjadi ilmuwan yang membantu Pakistan membuat bom nuklir.

Dia bekerja di Belanda pada 1970-an tepat ketika negaranya memulai dorongan baru untuk membuat bom setelah kekalahannya dalam perang 1971, dan takut akan kemajuan nuklir India.

Khan bekerja di sebuah perusahaan Eropa yang terlibat dalam pembuatan sentrifugal untuk memperkaya uranium. Uranium yang diperkaya dapat digunakan untuk tenaga nuklir atau, jika cukup diperkaya, untuk bom. Khan dapat dengan mudah menyalin desain sentrifugal paling canggih dan kemudian kembali ke negaranya.

Dia melanjutkan untuk membangun jaringan klandestin, sebagian besar pengusaha Eropa, yang akan memasok komponen penting untuk pembuatan bom pemusnah massal itu.

Sering digambarkan sebagai "Bapak bom nuklir Pakistan", pada kenyataannya dia adalah salah satu dari sejumlah tokoh kunci. Tapi dia dengan hati-hati mengembangkan mitologinya sendiri yang membuatnya menjadi pahlawan nasional, yang dianggap telah mengamankan keamanan Pakistan dari ancaman India.

Apa yang membuat Khan begitu penting adalah apa lagi yang dia lakukan. Dia mengubah jaringannya dari impor ke ekspor, menjadi figur keliling dunia dan melakukan kesepakatan dengan berbagai negara, banyak di antaranya dianggap Barat sebagai "negara nakal".

Program sentrifugal Iran di Natanz, sumber diplomasi global yang intens dalam beberapa tahun terakhir, sebagian besar dibangun berdasarkan desain dan material yang pertama kali dipasok oleh AQ Khan. Pada satu pertemuan, perwakilan Khan pada dasarnya menawarkan menu dengan daftar harga terlampir yang dapat dipesan oleh orang Iran.

Khan juga melakukan lebih dari selusin kunjungan ke Korea Utara di mana teknologi nuklir diyakini telah ditukar dengan keahlian dalam teknologi rudal.

Dengan kesepakatan ini, salah satu misteri utama selalu sejauh mana Khan bertindak sendiri atau di bawah perintah pemerintahannya. Khususnya dengan kesepakatan Korea Utara, semua tandanya adalah para pemimpin tidak hanya sadar tetapi terlibat erat.

Kadang-kadang dikatakan bahwa Khan hanya mengejar uang. Itu tidak begitu sederhana. Selain bekerja sama dengan pemimpin negaranya, ia ingin mematahkan monopoli Barat atas senjata nuklir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1793 seconds (0.1#10.140)