AS Keluarkan Izin Khusus Pengiriman Bantuan ke Afghanistan

Senin, 27 September 2021 - 05:51 WIB
loading...
AS Keluarkan Izin Khusus Pengiriman Bantuan ke Afghanistan
Dengan dikeluarkannya izin ini memungkinkan organisasi, baik AS atau internasional untuk mengirimkan bantuan ke Afghanistan, tanpa harus takut terkena sanksi. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) mengeluarkan izin untuk pengiriman bantuan ke Afghanistan . Dengan dikeluarkannya izin ini memungkinkan organisasi, baik AS atau internasional untuk mengirimkan bantuan ke Afghanistan, tanpa harus takut terkena sanksi Washington.

Kementerian Keuangan AS mengatakan, pihaknya mengeluarkan dua lisensi umum, satu mengizinkan pemerintah AS, LSM dan organisasi internasional tertentu, termasuk PBB, untuk terlibat dalam transaksi dengan Taliban atau Jaringan Haqqani, yang diperlukan untuk memberikan bantuan kemanusiaan. Taliban dan Jaringan Haqqani saat ini masih berada dalam daftar sanksi dan teroris AS.

Lisensi kedua, seperti dilansir Al Arabiya padaSenin (27/9/2021), mengizinkan transaksi tertentu yang terkait dengan ekspor dan re-ekspor makanan, obat-obatan dan alat kesehatan ke Afghanistan.

“Kami berkomitmen untuk memfasilitasi aliran bantuan kemanusiaan kepada rakyat Afghanistan dan kegiatan lain yang mendukung kebutuhan dasar manusia mereka," ucap Andrea Gacki, Direktur Kantor Pengawasan Aset Luar Negeri Departemen Keuangan AS.

Dia menuturkan, bahwa Washington akan terus bekerja dengan lembaga keuangan, LSM dan organisasi internasional untuk memudahkan aliran barang pertanian, obat-obatan, dan sumber daya lainnya, sambil menegakkan sanksi terhadap Taliban, Jaringan Haqqani dan lainnya.

Seperti diketahui, AS membekukan aset dari Taliban dan Jaringan Haqqani atas kegiatan terorisme mereka, dan melarang orang Amerika untuk berurusan dengan kelompok itu, termasuk kontribusi dana, barang atau jasa.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1118 seconds (0.1#10.140)