Presiden Ukraina Sebut PBB Pensiunan Superhero

Kamis, 23 September 2021 - 09:35 WIB
loading...
A A A
“Mungkin di suatu tempat di Central Park atau Madison Square Garden, suara tembakan itu tidak terdengar sekeras itu,” kata Zelenskyy, merujuk pada landmark dekat markas besar PBB di New York. Dewan Keamanan PBB yang kuat, di mana Rusia memiliki hak veto, tidak pernah mampu untuk mengambil tindakan di Ukraina.



"Tidak ada yang merasa aman lagi di dunia ini," kata Zelenskyy, memperingatkan agar tidak membiarkan kepentingan nasional meledakkan hubungan internasional dan hanya meninggalkan "aturan kekerasan."

Juga, katanya, dunia tidak secara bermakna menangani masalah yang melintasi banyak garis nasional: perubahan iklim, kelaparan, kemiskinan, buta huruf, polusi udara, kurangnya akses ke air minum, dan banyak lagi.

"Setiap kali para pemimpin berkumpul untuk majelis, seolah-olah kami memilih untuk memberikan semacam hadiah ‘Kemalangan Global Tahun Ini’,” hanya untuk digantikan oleh yang lain," katanya.

"Dunia hanya membuang semua kemalangan itu ke dalam tas besar, dan sekarang sudah merobek jahitannya," keluh Zelinskyy.

“PBB seperti pensiunan pahlawan super yang sudah lama lupa betapa hebatnya mereka dulu,” cetusnya.

Tapi dia melanjutkan dengan menyebutkan alasan untuk diingat. Dia menunjuk upaya PBB seperti tonggak Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia 1948, program pangan, misi penjaga perdamaian dan UNICEF, badan yang membantu anak-anak di lebih dari 190 negara dan wilayah.

“Itu adalah aset kami yang paling berharga,” kata Zelenskyy. “Dan itulah mengapa tidak akan pernah dangkal atau ketinggalan zaman untuk menyerukan persatuan demi mereka,” tukasnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1097 seconds (0.1#10.140)