Presiden Zelensky: Menolak Ukraina akan Jadi Kerugian Besar bagi NATO

Minggu, 12 September 2021 - 19:57 WIB
loading...
Presiden Zelensky: Menolak Ukraina akan Jadi Kerugian Besar bagi NATO
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky mengatakan, menolak Ukraina akan jadi kerugian besar bagi NATO. Foto/Ist
A A A
KIEV - Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky mengatakan, menolak Ukraina akan jadi kerugian besar bagi NATO. Ini adalah upaya terbaru Ukraina untuk bisa menjadi anggota aliansi tersebut.

“Kami tidak berpikir bahwa akan ada Uni Eropa (UE) yang kuat tanpa Ukraina. Saya secara terbuka memberitahu Presiden Amerika Serikat (AS) tentang ini: NATO tanpa Ukraina akan merugikan kelompok itu," kata Zelensky, saat berbicara di forum Strategi Eropa Yalta

“Ukraina siap bergabung dengan NATO. UE tanpa Ukraina akan secara bertahap melemah,” sambungnya, seperti dilansir Anadolu Agency pada Minggu (12/9/2021).

Sementara itu, ketika ditanya tentang kemungkinan perang habis-habisan dengan Rusia, Zelensky mengatakan hal itu bisa saja terjadi di masa depan.

“Saya pikir itu mungkin terjadi. Ini adalah hal terburuk yang bisa terjadi, tapi sayangnya ada kemungkinan itu.Jika itu terjadi, itu akan menjadi kesalahan terbesar Rusia,” ujarnya.

Ketegangan antara Ukraina dan Rusia meningkat tahun ini ketika Moskow mengumpulkan pasukan di dekat perbatasan dan pertempuran meningkat di Ukraina timur. Hubungan kedua negara telah memburuk selama bertahun-tahun sejak aneksasi Rusia atas Crimea dari Ukraina pada Maret 2014.

Moskow menuduh Kiev kehilangan minat dalam pembicaraan damai, sementara Zelensky dengan sia-sia mendorong pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di zona konflik.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1623 seconds (0.1#10.140)