Keuntungan Choke Point Indonesia

Rabu, 15 September 2021 - 00:41 WIB
loading...
Keuntungan Choke Point Indonesia
Keuntungan Choke Point Indonesia. FOTO/kkp.go.id
A A A
JAKARTA - Dilansir visualcapitalist.com, choke point adalah jalur sempit strategis yang menghubungkan dua area yang lebih besar satu sama lain. Dalam hal perdagangan maritim, biasanya selat atau kanal yang memiliki volume lalu lintas tinggi karena lokasinya yang optimal.

Dari sepuluh choke point yang berada di dunia, empat di antaranya ada di Indonesia, yaitu Selat Malaka , Selat Sunda , Selat Lombok, dan Selat Makassar. Berikut keuntungan choke point Indonesia.



Poros Maritim Dunia

Indonesia diuntungkan karena mempunyai empat dari sepuluh choke point paling strategis, yaitu Selat Malaka, Selat Sunda, Selat Lombok, dan Selat Makassar. Empat selat ini berpotensi menjadi poros maritim dunia.

Jalur Transportasi Laut

Selat Malaka mengambil peran yang sangat penting karena merupakan jalur laut terpendek yang dapat menghubungkan antara Samudera India dan Samudera Pasifik. Rute dari Samudera India menuju Samudera Pasifik akan menjadikan Selat Malaka sebagai rute tercepat.



Jalur Perdagangan

Mempunyai peran sebagai jalur perdagangan. Peranannya sebagai tempat bertemu saudagar yang berasal dari Arab, India, Persia, serta Tiongkok. Barang yang diperdagangkan adalah perak, emas, sutera, tekstil. Indonesia terletak di jalur strategis perdagangan internasional yang disebut jalur sutera laut, yaitu dari Tiongkok dan Indonesia, melalui Selat Malaka ke India.

Diolah berbagai sumber
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1253 seconds (0.1#10.140)