Pemimpin Baru Malaysia Raih Dukungan Oposisi saat Sidang Perdana Parlemen

loading...
Pemimpin Baru Malaysia Raih Dukungan Oposisi saat Sidang Perdana Parlemen
Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob menandatangani pakta kerja sama dengan blok oposisi utama yang dipimpin Anwar Ibrahim di parlemen pada Senin (14/9). Foto/Departemen Informasi Malaysia
KUALA LUMPUR - Hampir sebulan menjabat, pemimpin baru Malaysia meraih dukungan oposisi untuk menopang pemerintahannya yang rapuh saat Parlemen kembali bersidang.

Perdana Menteri (PM) Ismail Sabri Yaakob menandatangani pakta kerja sama yang belum pernah terjadi sebelumnya pada Senin malam dengan blok oposisi utama yang dipimpin Anwar Ibrahim.

Kesepakatan itu akan mencegah segala upaya melemahkan kekuasaannya menjelang pemilihan umum yang akan diadakan dalam dua tahun.

Baca juga: Dunia Sambut Seruan PBB untuk Bantu Afghanistan



Pakta itu akan memberi Ismail dukungan dari 88 anggota parlemen di blok Anwar, di samping 114 suara yang mendukungnya di parlemen yang beranggota 222 orang.

Baca juga: Mulai Berubah, Taliban Izinkan Wanita untuk Bersekolah

Pemerintah dan kubu Anwar mengatakan dalam pernyataan bersama pada Minggu malam bahwa kerja sama bipartisan mereka akan “memulihkan stabilitas politik di negara ini untuk memerangi pandemi COVID-19 dan menghidupkan kembali perekonomian.”

Baca juga: Korut Desak AS Dihukum atas Pelanggaran HAM Berat di Afghanistan

Mereka mengatakan kesepakatan akan fokus pada penguatan pemerintahan dan reformasi parlemen.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top