Dunia Sambut Seruan PBB untuk Bantu Afghanistan

Selasa, 14 September 2021 - 06:15 WIB
loading...
Dunia Sambut Seruan PBB untuk Bantu Afghanistan
Suasana konferensi bantuan untuk Afghanistan di kantor PBB di Jenewa, Swiss, 13 September 2021. Foto/REUTERS
A A A
JENEWA - Janji dan sumbangan dari negara-negara di seluruh dunia mengalir menyambut seruan PBB untuk memberikan bantuan kemanusiaan segera kepada rakyat Afghanistan .

Pada konferensi yang diadakan pada Senin di Jenewa dan dihadiri Arab News, PBB meminta masyarakat internasional menyumbangkan USD606 juta dalam “seruan kilat” untuk membantu warga Afghanistan.

Saat ini Afghanistan membutuhkan bantuan ekonomi dan keuangan yang mendesak untuk mengimbangi situasi kemanusiaan yang mengerikan di negara itu, setelah Taliban mengambil kendali bulan lalu.



PBB meminta masyarakat internasional menyumbang dengan murah hati untuk membantu sekitar 18 juta orang di Afghanistan. Bantuan juga untuk para pengungsi Afghanistan di negara-negara tetangga, berupa makanan, tempat tinggal dan obat-obatan.



Perwakilan dari negara-negara Eropa, Jepang, Australia dan Amerika Serikat (AS) menjanjikan beberapa ratus juta dolar dalam bentuk sumbangan tunai segera.

Negara-negara lain di Timur Tengah berjanji membantu PBB memfasilitasi pekerjaannya di Afghanistan dan menyumbangkan persediaan kemanusiaan, obat-obatan dan bahan makanan.

Qatar dan Uni Emirat Arab (UEA) masing-masing menjanjikan USD50 juta di samping sumbangan kemanusiaan lainnya.

Menteri luar negeri Pakistan menekankan kesiapan negaranya menyediakan logistik dan bantuan untuk misi PBB, sambil mengacu pada peran bersejarah Pakistan dalam melindungi 3 juta pengungsi Afghanistan yang masih berada di negara itu sekarang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1778 seconds (0.1#10.140)