Pemimpin Baru Malaysia Raih Dukungan Oposisi saat Sidang Perdana Parlemen

Selasa, 14 September 2021 - 06:44 WIB
loading...
A A A
Dia juga berjanji segera menurunkan usia pemilih minimum dari 21 menjadi 18, memastikan kesepakatan bipartisan pada setiap RUU baru dan mendapatkan masukan oposisi pada pemulihan ekonomi negara.

Dia juga membuat agar peran pemimpin oposisi mendapat remunerasi dan hak yang sama sebagai menteri kabinet.

Malaysia telah mencatat hampir dua juta infeksi COVID-19, dengan lebih dari 20.000 kematian meskipun lockdown sejak Juni yang merugikan perekonomian.

Ismail adalah perdana menteri ketiga Malaysia sejak pemungutan suara bersejarah pada 2018 menggulingkan Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) yang tercemar korupsi dan memimpin Malaysia sejak kemerdekaan dari Inggris pada 1957.

Kubu Anwar sempat memimpin pemerintahan namun pembelotan massal menyebabkan runtuhnya aliansi reformis itu.

Muhyiddin Yassin membentuk pemerintahan baru yang mencakup UMNO pada Maret 2020 tetapi dia mengundurkan diri pada 16 Agustus karena pertikaian dalam koalisinya membuatnya kehilangan dukungan mayoritas.

Ismail, yang berasal dari UMNO, adalah wakil Muhyiddin di pemerintahan sebelumnya dan pengangkatannya mengembalikan jabatan perdana menteri ke UMNO.

Raja Malaysia Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah, dalam pidato pembukaannya di Parlemen pada Senin (13/9), memuji kerja sama bipartisan untuk membantu negara mengatasi krisis kesehatan dan ekonomi.

Dia mengatakan dia telah menerima banyak surat dari masyarakat, menguraikan perjuangan yang mereka hadapi dan permohonan mereka untuk perubahan.

“Kedewasaan seperti inilah yang didambakan masyarakat. Terlalu banyak yang terkena dampak pandemi, dan terlalu banyak yang kehilangan sumber pendapatan,” papar Raja Malaysia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1456 seconds (0.1#10.140)