Taliban Umbar Tembakan Peringatan saat Unjuk Rasa di Kabul

Selasa, 07 September 2021 - 19:01 WIB
loading...
Taliban Umbar Tembakan Peringatan saat Unjuk Rasa di Kabul
Milisi Taliban melepas tembakan ke udara. Foto/bbc
A A A
KABUL - Taliban melepaskan tembakan peringatan untuk membubarkan kerumunan unjuk rasa besar di ibukota Afghanistan, Kabul.

Rekaman video dari tempat kejadian menunjukkan orang-orang berlari ke tempat yang aman, saat bunyi tembakan terdengar sebagai latar belakang.

Ratusan pengunjuk rasa turun ke jalan pada Selasa (7/9) untuk menuntut hak-hak perempuan dan mengecam pemerintahan Taliban.



Para pengunjuk rasa juga meneriakkan slogan-slogan anti-Pakistan karena banyak yang percaya negara tetangga Pakistan mendukung Taliban. Tuduhan itu telah dibantah Pakistan.



Video yang dikirim ke BBC menunjukkan pejuang Taliban menembakkan senjata mereka ke udara.



Padahal pemimpin Taliban telah melarang milisinya mengumbar tembakan peringatan ke udara setelah beberapa orang dilaporkan tewas karena tembakan semacam itu.

Beberapa jurnalis, termasuk tim BBC, dilarang merekam aksi unjuk rasa tersebut, dan kantor Berita Tolo Afghanistan melaporkan juru kameranya ditangkap bersama beberapa pekerja media lokal dan asing lainnya.

Para wanita telah melakukan protes selama sepekan terakhir, tetapi pada Selasa (7/9), para pria juga bergabung dengan seruan mereka untuk kesetaraan dan keamanan.

Banyak pengamat berkomentar hanya ada sedikit pria di demonstrasi yang dipimpin wanita sebelumnya.
Demonstrasi digelar satu hari setelah pemimpin pejuang anti-Taliban, Ahmad Massoud, menyerukan "pemberontakan nasional" oleh warga sipil terhadap Taliban yang kini berkuasa di Afghanistan.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1630 seconds (0.1#10.140)